Pesona Curug Jaga Pati, Perairan Jernih Berpadu Hijaunya Alam Perbukitan nan Segar

garutexpress.id- Mengeksplorasi keindahan alam kawasan Garut selatan seolah tiada habisnya. Bahkan, sejumlah wisata keelokan perairannya kini terus terungkap. Adalah Curug Jaga Pati yang berlokasi di kawasan Kecamatan Cisompet kini mulai jadi perbincangan publik akan keindahan alam perairannya.

Selain Curug Dengdeng dan Curug Ngaleng, di kawasan Cisompet, Curug Jagapati, yang undakan-undakan curugnya telah membuat banyak orang penasaran di media sosial. Bagaimana tidak, Curug Jaga Pati ini memiliki sedikitnya tiga terjunan air yang cukup tinggi.

Disamping itu, kualitas air yang masih relatif bersih dan jernih juga menambah keeksotikan kawasan tersebut. Air yang jernih ini membuat kolam-kolam air yang terbentuk di bawah curug menjadi membuat pengunjung tak kuasa untuk menikmati kesegarannya. Debit air juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga aliran air ini memang cocok untuk bermain-main.

Dari penelusuran, air Curug Jaga Pati ini berasal dari aliran air sungai Cilimbung, yang berasal dari Gunung Limbung. Aliran air ini juga yang membentuk Curug Tujuh Neglasari yang dapat terlihat dari Jalan Raya Cisompet, Desa Neglasari, Kabupaten Garut. Nantinya, aliran air ini akan bergabung dengan sungai besar Cisanggiri dan bermuara ke Samudera Indonesia di Pantai Selatan Garut.

Untuk mencapai Curug Jaga Pati ini berangkatlah menuju Cisompet, searah dengan jalan menuju Pameungpeuk-Garut, jika kalian ingin pergi melihat Pantai Selatan Garut. Dari perkebunan Neglasari beloklah kiri, ke arah SMPN 3 Cisompet sesuai dengan plang yang ada dipinggir jalan.

Dari sini kita harus menggunakan prinsip ‘malu bertanya, sesat di jalan’. Ikuti terus jalan utama menuju Kampung Padarame, sampai kita tiba di sebuah Sekolah Dasar di sebelah kanan jalan. Dari sini kita bisa menitipkan kendaraan di sebuah warung, karena Curug Jaga Pati ini terletak di Kampung Padarame ini.

Dari jalan ini kita bisa melihat Curug Cibadak di kejauhan, terpisah oleh sebuah bukit. Bukit ini juga memisahkan Sungai Cilimbung dan Sungai Cisanggiri yang berada di Kecamatan Cihurip.

Dari Peta Bakosurtanal, dapat dilihat bahwa air sungai Cilimbung yang membentuk Curug Jaga Pati ini adalah batas Kecamatan Cisompet dan Cihurip. Dari Kampung Padarame, Curug Cibadak yang tinggi menjulang di Kecamatan Cihurip nampak indah dari kejauhan.

Dari jalan Makadam Kampung Padarame, kita harus menuruni jalan yang lumayan curam dan licin di musim hujan, sehingga kita harus berhati-hati. Kita akan tiba dari arah depan Curug dan melihat keunikan Curug Jaga Pati ini dari atas.

Aliran air Curug ini dulu memutar turbin mikro hidro ketika listrik dari PLN belum masuk ke Kampung Padarame. Saat ini, listrik telah masuk ke desa dan aliran sungai ini lebih digunakan untuk mengairi sawah-sawah warga.

Jaga Pati, yang secara harfiah berarti menjaga nyawa atau menjaga kehidupan ini memang telah menjaga pepohonan, hewan-hewan, serta manusia di sekitar aliran sungai ini tetap lestari.

Yogi Yuda Hidayat, salah seorang warga Cisompet, mengatakatn untuk sampai ke lokasi Curug Jagapati cukup berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 15 menit lama perjalanannya dari Kampung Padarame.

“Sedangkan jarak tempuh dari Jalan Raya Cisompet sekira 5 km. Bagi para wisatawan yang membawa kendaraan roda dua atau roda empat, bisa menitipkan di lokasi parkir dengan memberi imbalan hanya Rp 5000, kendaraan dijamin aman,” katanya. Ahad (05/07/2020).

Diungkapkannya, sepanjang perjalanan menuju Curug Jaga Pati kita akan disuguhi keindahan alam hijau nan sejuk. Dengan pemadangan alam hijau dan pesawahan yang terbentang luas perjalanan menuju Curug Jaga Pati seola tak terasa lelah.

“Meskipun kita berjalan kaki lewat pematang sawah,dan kebun milik warga setempat pengunjung cukup aman, karena jalan yang dilalui dipelihara oleh anak-anak pemuda Karang Taruna Kampung Padarame yang mengelola Curug Jagapati,” ungkapnya. (*)

Reporter : Iwan Setiawan
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here