Pendamping PKH Desa Karangsari Verifikasi Calon KPM Secara Door to Door

Pendamping PKH Desa Karangsari Verifikasi Calon KPM Secara Door to Door www.garutexpress.id
Pendamping PKH Desa Karangsari, Mea Sri Utami saat melakukan proses verifikasi dan validasi secara door to door ke rumah calon KPM

Garutexpress.id – Proses verifikasi dan validasi kepada sebanyak 98 calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM PKH) tambahan di Desa Karangsari, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, usai dilaksanakan secara door to door.

Satu – persatu rumah calon KPM didatangi secara langsung oleh pendamping PKH untuk mengukur ketersediaan sejumlah komponen sebagai syarat kepesertaan.

“Kita lakukan home visit, seluruh calon KPM kita datangi kerumahnya masing-masing. Disana ada sesi pemeriksaan berkas dan wawancara. Sudah selesai kita lakukan sejak sepekan kemarin,” terang pendamping PKH Desa Karangsari, Mea Sri Utami, (26/7/2020).

Selama berada di rumah calon KPM, pendamping dengan teliti mastikan tersedia atau tidaknya sejumlah komponen syarat kepesertaan. Selain itu, kondisi perekonomian dan jumlah anggota keluarga ikut diteliti guna memastikan program jatuh pada sasaran yang tepat.

Dari hasil home visit itu, Mea menyebut sudah memperoleh data sejumlah calon KPM yang dinyatakan layak ataupun tidak layak berdasar tinjauan langsung.

“Sudah kita petakan, ada yang layak, ada juga juga sebagian tidak memenuhi unsur komponen kepesertaan. Kita sedang entri melalui aplikasi berbasis online untuk diteruskan kepada pendamping di tingkat kabupaten,” katanya.

Proses verval melalui tehnik home visit atau door to door ke rumah calon KPM, dilakukan pihak pendamping agar dapat melihat secara real kondisi ekonomi, baik secara pisik, jumlah tanggungan maupun komponen lainya.

Verifikasi dan validasi data dilakukan serempak oleh pendamping PKH di berbagai wilayah saat ini. Hal ini ditempuh untuk memastikan standar kelayakan sejumlah calon peserta tambahan sesuai arahan dari Kementrian Sosial RI.

DONIMELODY***


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here