Pembebasan Lahan Dimulai, Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap via Garut Segera Dibangun

garutexpress.id- Tahun ini (2020) proses pembebasan lahan untuk Pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap yang melintasi Kabupaten Garut dimulai. Rencananya, pembangunan jalan tol tersebut akan dimulai tahun 2022.

Menurut Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman,pada akhir tahun (2020) ini proyek yang berada di bawah naungan pemerintah pusat itu akan dimulai. Upaya pembebasan lahan akan dilakukan hingga tahun 2021.

Di Garut, jalan tol itu direncanakan memiliki panjang 37,25 kilometer. Untuk proyek tersebut, lahan yang dibutuhkan sebanyak 475,63 hektare, dengan jumlah 3.544 bidang tanah di tujuh kecamatan (Kadungora, Leuwigoong, Leles, Banyuresmi, Karangpawitan, Garut Kota, dan Cilawu).

“Untuk exit tol Garut ada dua kalau kabupaten lain dikasih satu. Pertama keluar di Banyuresmi dan kedua di Cilawu,” katanya.

Helmi menyebut, dengan adanya dua gerbang tol, sebaran potensi pertumbuhan ekonomi tidak hanya satu titik saja. Termasuk akses ke tempat wisata jadi lebih mudah dijangkau. Ia optimistis, tol tersebut akan mendongkrak wilayah Garut.

“Masyarakat juga tidak akan mengeluhkan soal kemacetan lagi saat menuju Garut. Sekarang kalau ke Garut dari Bandung bisa 3 sampai 4 jam. Kalau ada tol itu bisa 1 atau 1,5 jam sudah sampai,” ungkapnya. (*)

Sumber : tribunjabar


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here