Kesbangpol Garut Gelar Sosialisasi dan Pembinaan di Kecamatan Samarang

garutexpress.id- Sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berpolitik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Garut menggelar sosialisasi dan pembinaan.

Gelaran sosialisasi yang diikuti berbagai unsur masyarakat tersebut berlangsung di di Aula Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut,Rabu (01/07/2020).

Menurut Wakab Kesbangpol Garut, Jili Gojali, acara ini digelar dalam rangka sosialisasi dan pembinaan partisipasi masyarakat dalam kehidupan berpolitik.

”Adapun materi yang disampaikan bertujuan agar masyarakat tetap bisa menjaga kondusifitas dalam kehidupan berpolitik sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku demi ketahanan Ipoleksosbud, bangsa, negara dan agama yang kuat,” kata Jili, saat diwawancarai garutexpress.id usai acara.

Diharapkannya, dengan kegiatan sosialisasi bisa memberikan pemahaman pendidikan politik ke masyarakat agar masyarakat tau tentang isi politik.

”Kegiatan ini juga merupakan bagian dari bentuk nyata hadirnya pemerintah dalan memberikan edukasi politik kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dilaksanakan kegiatan edukasi membangun masyarakat terhadap kepekaan di tingkat desa sangat penting. Saat ini koordinasi dinilai masih lemah serta meningkatkan kewaspadaan diri terhadap penanganan konflik yang ada di wilayah masing-masing. Khususnya pemetaan kerawanan dan pengawasan orang asing di wilayah Kecamatan Samarang.

Dalam kegiatan tersebut diikitu sdikitnya 50 orang peserta yang mewakili 9 desa di Samarang ditambah perwakilan dari 6 Desa di Pasirwangi yang akan menggelar Pilkades tahun 2021 medatang.

Sementara Camat Samarang Neneng Martiana, SIP., M.Si., menghimbau agar masyarakat tetep mewaspadai kedatangan orang asing di saat situasi masih pandemi Covid-19.

“Kami menghimbau untuk tetap waspada. Ya, mudah-mudahan orang asing yang berwisata di Kecamatan Samarang membawa keberkahan,” pungkasnya,” ungkapnya.

Selain dihadiri Jili Gojali yang mewakili Bakesbangpol Garut dan Gania, dalam agenda tersebuut juga dihadoro Camat Samarang Hj.Neneng M, Panit Sabahra Ipda Ade Yohanes mewakili Kapolsek Samarang, Danramil Samarang Kapten CHB Albertus Untung Wahyudi, Imigrasi Wahyudin beserta Tim (Pemberi materi hal Orang Asing), BIN Garut diwakili Agus, serta tamu undangan terdiri dari Sekdes, Kaur Pemerintahan Desa dan Kasie Tantrib se Kecamatan Samarang. (*)

Reporter : Zenal
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here