Ekspolrasi Irigasi, Talangseng-Margawati Resmi Jadi Objek Wisata Air

garutexpress.id- Ekspolrasi saluran irigasi Talangseng di kawasan Kampung Ciburuy, Desa Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut berlanjut. Bahkan, kawasan tersebut kini diresmikan Bupati Garut Rudy Gunawan.

Prosesi peresmian daerah irigarasi Talangseng dipimpin langsung Bupati Garut dengan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut dan pihak terkait lainnya, Sabtu (4/07/2020).

Lokasi irigasi Talanseng ini berada di dua wilayah kecamatan antara Kecamatan Garut Kota (Margawati) dan Kecamatan Cilawu (Ngampalng Sari), oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) kabupaten Garut dijadikan salah satu obyek wisata air.

Dalam sambutannya, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, irigasi Talangseng bukan tempat yang baru baginya. Menurutnya, jalur irigasi tersebut telah berada sejak dulu, dibangun sejak zaman Belanda kemudian dinamakan Talengseng.

”Tempat ini dibuat mungkin jauh sebelum kemerdekaan, dan hari ini air menjadi bagian yang penting sekali untuk kepentingan kehidupan kita, jadi harus dipelihara dan dijaga bersama,” katanya.

Ditambahkannya, tempat ini dijadikan program perubahan dalam rangka Diklatpim II Kadis PUPR yaitu peningkatan pola irigasi yang dilaksanakan melalui pemberdayaan masyarakat yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di daerah ini secara berkelanjutan.

”Ini adalah tahapan-tahapan dalam perencanaan yang harus dilakukan. Tentu saya menyambut dengan gembira program ini, ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat di sini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR kabupaten Garut Luna Avriantini menyampaikan, bahwa wisata air irigasi Talangseng merupakan satu-satunya destinasi wisata yang diinisiasi oleh Dinas PUPR.

”Adapun yang menjadi latar belakang penataan daerah irigasi blok talangseng adalah berawal dari adanya keinginan untuk mengoptimalkan operasi dan pemeliharaan daerah irigasi dengan mengajak masyarakat sekitar maupun p3a untuk turut serta memelihara saluran irigasi,” ungkapnya.

Diharapkannya, dengan adanya pengembangan wisata air di lokasi irigasi ini, menjadi contoh daerah lainnya nanti, sehingga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata yang bisa diandalkan. (*)

Reporter : Ags’S

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here