Bansos Cair! Ribuan KPM-PKH di Cisompet-Garut Sumringah

garutexpress.id- Bantuan Sosial (Bansos) Tunai atau BST dari pemerintah melaui Kementrian Sosial (Kemensos) tahap 3 telah dicairkan di sejumlah wilayah. Termasuk di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kecamatan Cisompet yang berada di kawasan Garut selatan. Untuk proses pencairan banos kali ini, pemerintah bekerja sama dengan Bank BNI 46.

Sedikitnya ada 4576 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)-Proram Keluarga Harapan (PKH) se Kecamatan Cisompet menerima bantuan tersebut.

Saat prosesi pencairan, rona wajah mereka nampak sumringah meski harus antri dan berpanas-panas, Selasa (08/07/2020).

Koordinator pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut Aceng Juhara ,S.Pd mengaku lega bisa membantu pencairan warga di kaswasan tersebut.

“Saya merasa lega telah dicairkannya bantuan oleh masing masing KPM ditempat yang telah di tentukan,” ujarnya.

Aceng menyebut, belakangan ini sering mendengar rumor, jika uang bantuan itu sering dicairkan oleh pendamping PKH, sehingga para KPM tidak mengetahui pasti berapa besaran uang yang diterimanya.

“Hal itu sama sekali tidak benar, meskipun barang kali di beberpa kecamatan mungkin terjadi. Tapi untuk di Kecamatan Cisompet hal itu tidak pernah terjadi.Untuk membuktikannya rumor yang beredar,kami pada pencairan ini disaksikan oleh Forkopimcam. Dan kartu ATM nya langsung dipegang oleh KPM,” kata Aceng yang akrab disapa Aju.

Dikatakannya,sejak awal ada program PKH, khusus di Kecamatan Cisompet, pihaknya (pendapming) belum pernah mencairkan uang secara langsung atau para ketua kelompok masing masing.

“Kecuali kalau membantu memberikan tata cara mencairkan uang melalui ATM. Memang sering membantu, karena para penerima KPM sumber dayanya tidak sama, apalagi kalau yang menerimanya sudah lansia,” katanya.

Secara terpisah  salah seorang warga setempat penerima bansos mengaku dalam setiap pencairan bansos tersebut dilakukannya sendiri.

“Saya sendiri sejak awal menerima bantuan yang dicairkan melalui kantor Pos. Belum pernah menerima uang dari ketua kelompok apalagi dari pendamping PKH. Karena setiap pencairan selalu harus membubuhkan tanda tangan saya sendiri,” katanya. (*)

Reporter : Iwan Setiawan

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here