Warga Khawatir Nyamuk Pembawa Penyakit, Pemkab Garut Diminta Segera Lakukan Fogging

garutexpress.id- Dalam beberapa pekan terakhir, keberadaan nyamuk di sejumlah wilayah Garut mulai mencemaskan. Di tengah pandemi corona, kini warga di sebagian wilayah Garut dikhawatirkan dengan keberadaan nyamuk pembawa penyakit.

Keberadaan nyamuk ini di antaranya dicemaskan warga di kawasan Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Warga setempat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut segera melakukan langkah antisipatif.

“Kami selaku pengurus RW berharap kepada pihak terkait untuk segera melakukan fogging secepatnya. Ini untuk antisipasi nyamuk yang telah menyebar dan menyebabkan warga kami sakit, “ ungkap Andi Yuhandi (39) selaku  pengurus RW 03 Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten  Garut, Rabu ( 3/06/2020).

Hal senada disampaikan Ayi Firmansyah (40) tokoh pemuda setempat.  Diharapkannya pemerintah segera melakukan fogging untuk mengantisipasi penyebaran penyakit dari nyamuk.

“Saya sangat mengapresiasi Pemkab Garut yang responsif dalam hal ini pihak PKM Pembangunan  atas laporan kami.  Tapi kami berharap bisa dilaksanakan  fogging aja biar nyamuknya cepet teratasi. Kami juga akan menggerakan masyakat untuk mengadakan gerakan bersih bersih dilingkungan secepatnya,” katanya.

Ayi menyebut, dari pantauannya pihak Puskesmas mendapat laporan adanya belasan warga yang sakit dengan gejala yang sama yaitu tidak bisa berjalan.

Menurut kader Posyandu RW 03, Widaningsih (42), ada sebanyak 15 KK (Kepala Keluarga) yang sempat sakit dengan gejala yang sama yaitu gatal-gatal sekitar kaki dan tangan, pusing demam dan rata rata tidak bisa berjalan lantaran kedua kakinya sakit.

“Ada 15 KK yang sakitnya hampir sama yaitu rata-rata tidak bisa berjalan dan ada sampai yang bengkak dan paling banyak yang terjangkit di RT 01,” kata Wida.

Sementara itu, Neti Sruhartati, salah satu petugas Puskesmas Pembangunan Neti Srihartati, mengakui terkait banyaknya laporan warga yang sakit dengan gejala yang hampir sama.

“Dari hasil pantauan kami di beberapa rumah terdapat jentik nyamuk, malahan ada jentik di saringan dispenser. Maka tindakan yang harus dilakukan untuk segera nelakukan PSN atau pemberantasan sarang nyamuk,” katanya. (*)

Reporter   : Tim GE

Editor       : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here