Warga Desa Haruman-Leles Sambut Program BSPS

SUASANA sosialisasi dan acara penandatangan proposal program BSPS di Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Senin (15/06/2020)***

garutexpress.id- Dalam rangka penerimaan bantuan Program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) dari kementrian pusat, di Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat,  yang diajukan langsung  oleh pengusung dan ditindak lanjuti melalui Distarkim Kabuputen Garut.

Desa Haruman merupakan  salahsatu dari 12 desa yang menerima bantuan Program BSPS. Salahsatunya dari RW 01 Kampung Leweng Tiis, yang berjumlah 5 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), RW 08 Kampung Leweng 5 KPM,  RW 02 Kampung Tutugan 2 KPM, RW 04 Kampung Pangampaan 7 KPM, dan RW 04 Kampung Pasir Salam 5 KPM serta Kampung Sayuran 1 KPM.

Dede Ketua RW 01 Kampung Leweng Tiis, mengungkapkan rasa bersyukurnya. Adanya program ini, warga dapat menerima bantuan dan menyambutnya dengan baik.

“Dengan adanya program ini sangat bersyukur dan disambut baik oleh warga saya yang menerima bantuan tersebut. Malahan bukan saya sendiri selaku ketua RW, RW yang lain juga sama merasakan terbantu dengan adanya program ini,” ungkap Dede, Senin (15/06/20).

Sementara itu, Pendamping Dinas Perumahan Tata Ruang Kabupaten Garut menjelaskan, bahwa penerima program BSPS tersebut hanyalah 25 KPM. Program BSPS ini bukanlah bantuan yang tidak mampu saja melainkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Penerima program BSPS tersebut hanyalah 25 KPM. Program BSPS ini bukanlah bantuan yang tidak mampu saja, melainkan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” menurut Deni selaku Pendamping Dinas Perumahan tata ruang Kabupaten Garut.

Selain itu, Deni juga mengungkapkan bahwa ia terus berkoordinasi melalui sambungan seluler dengan kepala Desa Haruman Kecamatan Leles, Kabupaten Garut dikarenakan kepala Desa tidak bisa hadir dalam acara penandatangan proposal tersebut. Di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, dari keseluruhan desa hanya  2 desa saja yang menerima bantuan yaitu, Desa Haruman, dan Desa Sukarame.

“Meskipun tidak dihadiri kepala desa dalam acara penandatangan proposal tersebut, saya terus berkoordinasi melalui sambungan seluler dengan Pak Hernawan selaku kepala Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Program BSPS yang menerima di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, dari 12 Desa yang ada hanya 2 Desa saja yaitu Desa Haruman dan Desa Sukarame”, tutur Deni pendamping dari Dinas Tarkim.

Deni menegaskan bahwa masyarakat yang belum mendapatkan program tersebut, diharapkan kedepannya ada program bantuan lain, seperti dari Pemprov Jawa Barat maupun dari pemerintah kabupaten untuk Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni).

“Bagi masyarakat yang belum dapat program tersebut, mudah mudahan untuk kedepannya ada lagi bantuan tidak hanya Program BSPS tapi dari Pemprov Jawa Barat maupun Dari pemerintah Kabupaten untuk Rutilahu,” jelas Deni. (*)

Reporter : Nuroni

Editor    : Putri Mutiara Sari/ Dida Damila


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here