Viral! Ritual Pedagang Cuanki Ludahi Mangkuk untuk Penglaris, Akhirnya Ditangkap Polisi

garutexpress.id- Ada-ada saja, seorang pedagang cianki di Jakarta melakukan aksi aneh dengan meludahi mangkuk saji cuanki dagangannya. Diduga aksi gila ini merupakan ritual agar dagangannya laris. Aksi tukang cuanki ini sialnya terekam CCTV.

Ritual menjijikan tukang cuanki ini viral di media sosial instagram, kemudian mendapat komentar dari netizen. Mayoritas komentar menyayangkan perbuatan pedagang ini, dan akan menjadi citra buruk bagi pedagang lainnya.

Alih-alih dagangnnya laris-manis, pedagang cuanki yang belakangan diketahui bernama Windra Suherman ini kini harus berurusan dengan polisi.

Terkait aksi tukang cuanki jorok ini, pihak kepolisian telah menangkap Windra Suherman, tukang bakso yang meludahi makanan pembelinya di Kembangan, Jakarta Barat. Kepada polisi ia mengaku melakukan perbuatan tersebut untuk penglaris.
.
Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan mengatakan pelaku saat ini masih berada di kantornya untuk menjalani pemeriksaan. Semula, menurutnya, pelaku mengelak dituduh meludahi makanan pembelinya. Tapi setelah didalami dia mengakui perbuatannya.
.
“Benar dia mengaku meludahi itu untuk mengamalkan ajaran dari gurunya. Buat penglaris,” kata Imam, saat diwawancarai wartwan, Jumat (26/6/2020).
.
Pelaku meludahi makanan pembelinya setelah memasukan seluruh bumbu. Setelah meludahi ia membaca ucapan yang didapat dari guru spiritualnya. Kemudian menuangkan kuah bakso cuangki tersebut
.
Imam mengatakan pelaku mendapat ajaran penglaris itu dari seorang dukun di wilayah Garut. Pelaku bertemu dengan dukun itu sekitar sebulan lalu saat ia pulang kampung
.
“Belum kita tetapkan tersangka. Saat ini masih kita periksa saksi-saksi dan gelar perkara,” kata Imam
.
Sejauh ini polisi telah memeriksa dua orang saksi. Salah satunya ialah pemesan bakso tersebut.
.
Aksi tukang bakso keliling ini terungkap setelah rekaman CCTV di salah satu rumah pembeli diunggah di media sosial dan viral. Dalam rekaman itu terlihat tukang bakso itu meludahi mangkok bakso pesanan pembeli

Sementara itu, pedagang cuanki asal Garut angkat bicara terkait ulah oknum pedagang bernama Windra yang kedapatan meludahi mangkuk pembeli. Aksi Windra itu bikin geger warga Jakarta.

Oha (33) salah seorang pedagang bakso cuanki asal Garut mengaku tidak mengetahui kejadian tersebut.

“Tidak tau, tapi kalau dengar ceritanya saya kaget juga bisa ada kejadian seperti itu. Kalau kata orang Garut mah euweuh gawe (enggak ada kerjaan),” kata Oha, Jumat (26/6/2020).

Secara pribadi, Oha yang sudah bertahun berprofesi sebagai pedagang cuanki tersebut mengaku tidak mengenal Windra. Sebab, Windra bukan pedagang bakso cuanki yang berasal dari Kecamatan Singajaya seperti kebanyakan para pedagang cuanki lain.

Oha mengatakan, aksi tersebut sangat jarang dilakukan para pedagang bakso cuanki. Oha mengaku dia dan teman-temannya tidak pernah melakukan ritual semacam itu.

“Yang saya tahu kita enggak pernah seperti itu, apalagi sampai meludahi mangkuk pembeli. Kalau jualan ya sehat-sehat aja enggak perlu sampai gitu biar laku,” kata warga Singajaya itu.

Oha sendiri memastikan bahwa dia dan rekan-rekan pedagang bakso cuanki asal Singajaya selalu memperhatikan kebersihan saat berjualan.

“Kalau disebut kampung cuanki enggak juga, tapi memang ada banyak orang Singajaya yang jualan cuanki khususnya di kota besar,” katanya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here