Terperangkap! Kebun Binatang Bandung Tampung “Si Abah”

garutexpress .id- Si Abah merupakan seekor macan tutul penghuni Gunung Sawal Ciamis, kini dirawat di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga). Sebelumnya, warga Kabupaten Ciamis berusaha menemukan macan ini dengan metode perangkap.

“Si abah, nama panggilannya sudah mulai pulih dan sehat. Sudah mulai memakan ayam hidup dan juga daging sapi. Pakan yang diberikan ayam hidup yang berkualitas dan daging sapi yang juga berkualitas,” kata Manajemen Communication Bazoga Sulhan Syafi’i, Senin (29/6/2020).

Menurut Manajemen Communication Bazoga, saat datang ke Bazoga, macan ini dalam keadaannya stres berat. Hal tersebut dibuktikan darifeses (kotoran) yang cair atau diare.

“Namun saat ini kondisinya sudah lebih tenang dan stabil. Itu terlihat dari feses yang mulai membek uatau berbentuk,” jelas Aan, sapaannya.

Selanjutnya, sudah direncanakan dalam waktu dekat, Si Abah ini sudah dipersiapkan untuk melalui tahap general check up, hal ini bertujuan agarmengetahui kondisinya. Seperti komposisi tubuh, perkiraan umur dan hal-hal lain.

Proses penyelamatan dilakukan oleh tim rescue Bazoga yakni dokter Dedi Tri Sasongko, Asep Herry Hermawan, Gin-Gin Ginanjar dan driver Asep oboy. Tim dari Ciamis ke Kebun Binatang Bandung pada Jumat, (26/6/2020), pukul 23.00.WIB.

Sementara itu, hingga kini masih belum dapat dipastikan macan tutul Jawa (Pantherapardusmelas) ‘penguasa’ Gunung Sawalini akan menjadi penghuni baru Bazoga. Pihaknya menyebut, masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait.  Selain itu, diketahui bahwa total jumlah macan tutul di Kebun Binatang Bandung ada tiga ekor.

“Istilahnya titip rawat. Tergantung keputusannya oleh pemerintah,” kata Aan. (*)

Sumber :   DetikNews

Editor    : Putri Mutiara Sari


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here