Ratusan Perusahaan Mulai Menggeliat, Disnaker Garut Minta Terapkan Protokol Kesehatan

garutexpress.id- Sering diberlakukannya ‘New Normal’ atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Garut, sejumlah perusahaan mulai mnggeliat. Para karyawan yang sempat dirumahkan, kini bisa kembali bekerja.

Menurut Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Garut, Ricky Rizki Darajat, Pemkab mendorong agar perusahaan bisa kembali melakukan aktivitasnya seperti biasa. Namun yang membedakan saat ini perusahaan harus menerapkan protokol kesehatan.

“Pemerintah menekankan ke pengusaha untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan. Kami juga terus monitoring ke setiap perusahaan soal penerapan protokol ini,” ujar Ricky ditemui di kantornya, Jumat (26/6/2020).

Selama dua bulan, Ricky menyebut terus memantau setiap perusahaan yang sudah kembali dibuka. Penerapan protokol kesehatan mulai dari pekerja datang ke lokasi kerja, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan menjaga jarak juga selalu dipantau.

Diikatakannya, para pengusaha menyambut gembira dibukanya kembali aktivitas. Selama lebih dari tiga bulan, banyak perusahaan yang hampir gulung tikar karena tak memiliki pemasukan.

“Mereka memilih untuk merumahkan karyawannya. Tapi sekarang sebagian sudah mulai masuk. Ada juga yang kapasitas produksinya dikurangi karena memang belum terlalu normal,” katanya.

Diakuinya, dengan dibukanya keran aktivitas perusahaan, aktivitas ekonomi mulai kembali menggeliat. Restoran dan hotel jadi salah satu perusahaan yang terkena dampak karena tak bisa menerima kunjungan tamu.

“Kami cuma ingatkan untuk terus pakai protokol kesehatannya. Tidak ada sanksi kalau belum diterapkan. Tapi saya lihat, mereka sudah melaksanakannya,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini di Kabupaten Garut terdapat 711 perusahaan yang sudah terdaftar di Disnaker. Ada lebih dari 100 ribu karyawan yang bekerja di perusahaan-perusahaan itu. (*)

Reporter : FW
Editor     : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here