Petugas Hadang Wisatawan Ilegal yang Hendak Masuk TWA Kawah Kamojang

garutexpress.id- Sedikitnya 57 unit motor trail dan 7 orang wisatawan ilegal dihadang petugas gabungan. Petugas menghentikan mereka karena hendak masuk kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Kamojang-Darajat, Kabupaten Garut, tepatnya di Blok Danau Ciharus, Senin (8/6/2020).

Usai diamankan, para wisatawan diberikan pemahaman untuk tidak melakukan aktifitas ilegal di dalam Kawasan Konservasi TWA Kawah Kamojang Drajat di sekitar Blok Danau Ciharus.

Penjagaan di kawasan tersebut diperketat setelah sebelumnya 100 orang wisatawan ilegal berhasil diusir oleh Tim Patroli Polsek Kamojang saat beraktifitas di Danau Ciharus, Sabtu (31/5/2020).

Pengetatan penjagaan tersebut merupakan antisipasi pihak Seksi Konservasi Wilayah V Garut BBKSDA Jawa Barat bersama–sama dengan pihak PT. PGE untuk menimalisir kegiatan ilegal yang akan merusak keutuhan Kawasan Hutan Konservasi.

Menurut Kepala Seksi Konseravasi Wilayah V Garut, Dodi Arisandi, akhirr-akhir ini banyak kegiatan motor trail yang dinilai bisa merusak kawasan konservasi.

“Selama ini kita sudah melakukan banyak upaya untuk mencegah kegiatan motor trail dan wisata ilegal masuk kawasan konservasi, dari upaya pembuatan portal, patroli rutin dan memberikan surat himbauan dan peringatan kepada Komunitas Motor Trail di Bandung dan di Garut,” katanya.

Ditambahkannya, kawasan Konservasi adalah kawasan yang mempunyai fungsi perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan satwa dan tumbuhan dan dimanfaatkan secara lestari, bukan merusak.

“Kegiatan trail di dalam kawasan hutan mengakibatkan kerusakan struktur tanah sehingga mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan kawasan hutan Konservasi, tandasnya.

Dijelaskannya, kegiatan perubahan terhadap keutuhan kawasan konservasi diancam dengan kurungan pidana paling lama 10 tahun dan denda sebanyak Rp200 juta, Undang Undang No.5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Kepala Bidang Konservasi Wilayah III Andi Witria, berharap adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga Kawasan Konservasi untuk kepentingan bersama. (*)

Reporter : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here