Pemkab Garut Gratiskan Rapid Test bagi Para Pekerja, Ini Syaratnya

garutexpress.id- Sempat heboh terkait rapid test yang bagi karyawan atau pekerja di perusahaan harus bayar, akhirnya ditanggapi pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab Garut).

Menurut Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, Puskesmas saat ini bisa mengeluarkan surat keterangan bebas Influenza Like Illiness (ILI), artinya orang yang bebas dengan gejala atau keluhan batuk pilek.

“Bagi para pekerja di perusahaannya mewajibkan ada keterangan Rapid Test, kami melayani tetapi ini jumlahnya terbatas. Yang saat ini tersedia, akan digunakan sampai ketersediaan alat Rapid di Dinas Kesehatan habis. Tetapi orang tersebut juga harus bisa menunjukan surat dari perusahaan tempat dimana bekerja,” ujar Helmi, saat dijumpai beberapa awak media, Rabu (03/06/2020).

Helmi menjelaskan, sebenarnya dengan keterangan bebas gejala ILI pun bisa, asal yang bersangkutan tidak mengalami gejala flu, batuk dan pilek. Jadi kalau tidak ada gejala tersebut ini non reaktif atau negatif.

“Karena ada permintaan masyarakat, untuk dilakukan rapid tes gratis, ini akan dilakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, tetapi harus ada juga surat dari perusahaan,” katanya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here