Objek Wisata di Garut Kembali Dibuka, BKSDA Ingatkan Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan

garutexpress.id – Objek wisata di Kabupaten Garut mulai kembali dibuka. Salah satunya Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan. BKSDA Jabar meminta pengelola Papandayan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Kasi BKSDA Konservasi Wilayah V Garut, Dodi Arisandi, mengatakan, dibukanya objek wisata Papandayan sebagai uji coba peneraan new normal. Pihaknya melakukan pemeriksaan kesiapan protokol kesehatan.

“Kami tadi mengecek tiketing, petugasnya, dan sarana yang ada. Termasuk warung-warung agar menyediakan tempat cuci tangan,” ujar Dodi di TWA Papandayan, Senin (8/6/2020).

Tempat duduk yang ada di TWA Papandayan juga harus dijaga jaraknya. Sebagai objek wisata alam favorit di Garut, Papandayan bisa jadi diserbu wisatawan.

Apalagi sudah dua bulan, objek wisata tersebut ditutup. Meski sudah mulai dibuka, belum banyak wisatawan yang datang.

“Kalau mereka tak siap (dengan protokol kesehatan) ditunda pembukaannya. Kalau sudah siap, akan dilanjutkan untuk pembukaan,” ucapnya.

Dari hasil peninjauan, Dodi menyebut Papandayan sudah menerapkan protokol kesehatan. Di masa new normal, tempat wisata bisa kembali beraktivitas dan menumbuhkan ekonomi warga.

“Mudah-mudahan tetap dipertahankan. Kebutuhan wisata terpenuhi dengan protokol kesehatan. Ekonomi dan wisata akan kembali normal,” ujarnya.

Kiki (32), warga Pasirwangi, mengaku tak mengetahui jika Papandayan telah kembali dibuka. Ia dan keluarga awalnya tak berniat datang ke Papandayan.

“Tadi cuma coba-coba saja, ternyata sudah dibuka. Pas masuk juga mobil disemprot disinfektan dulu. Sama wajib pakai masker,” kata Kiki.

Ia menilai, penerapan protokol kesehatan sudah jadi hal yang wajar di masa pandemi. Ia juga berharap, objek wisata bisa kembali dibuka.

“Soalnya sudah dua bulan enggak liburan. Bosan diam di rumah terus. Makanya sekarang ingin liburan dulu,” pungkasnya. (*)

Reporter : FW

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here