“New Normal” Diterapkan, Pusat Keramaian di Garut Dijaga Ketat Aparat

garutexpress.id- New normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Kabupaten Garut mulai diterapkan. Petugas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub mulai melakukan penjagaan di pusat keramaian.

Mulai dari kawasan Pengkolan atau Jalan Ahmad Yani, Pasar Baru, Pasar Mandalagiri, dan mal. Petugas pun menghentikan pengendara yang tak memakai masker. Penggunaan masker wajib dipakai sesuai protokol kesehatan.

“Kami libatkan petugas gabungan untuk menjaga pusat keramaian. Ada lima mal dan 13 pasar yang dijaga petugas. Hari ini mulai berlaku penegakan disiplin,” ujar Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Erwin Agung usai meninjau kawasan Pasar Baru, Kecamatan Garut Kota, Senin (1/6/2020).

Diakuinya, masih banyak warga yang berpergian tak memakai masker. Sebagian dari mereka, ada yang membawa masker tapi tak dipakai. Namun ada juga yang tak membawa masker.

“Masih banyak yang tak pakai masker dan diingatkan sama petugas. Kalau tak pakai masker, kami minta untuk pakai dulu. Kalau enggak ada, disuruh putar balik,” katanya.

Secara hukum, sanksi yang diberikan hanya berupa sosialisasi dan edukasi. Pihaknya tak menerapkan sanksi fisik seperti push up seperti daerah lain karena bisa mempermalukan yang bersangkutan. Pihaknya masih menghargai etika dan hati nurani.

“Kemarin satu orang yang sama diberi masker sama saya sampai tiga kali. Yang ketiganya saya tunggu dan beri edukasi. Menurut kami itu cukup untuk beri kesadaran,” pungkasnya. (*)

Reporter : FW
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here