Menunggu Sejak Ramadan, Bos Tahap Dua di Garut Semuanya Cair Pekan Depan

Garutexlress.id – Pengelola sekolah di Garut harus memutar otak untuk menutup kebutuhan operasional sekolah. Pasalnya, sampai hari ini, Sabtu (6/5/2020) masih banyak sekolah yang belum menerima biaya operasional sekolah (BOS).

“Memang masih ada sekolah yang belum menerima BOS. Tapi sebagian sudah, yang belum sekira 40 persen lagi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S. Pd, M. Si, Sabtu (6/5/2020).

Totong mengatakan, BOS termasuk anggaran APBN. Sistem pencairannya mengikuti alur dari pusat yakni dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) langsung masuk ke rekening sekolah.

“Jadi Disdik tidak bisa terlalu banyak intervensi. Hanya sekadar melakukan pemantauan,” kata dia.

Menurut Totong, BOS di Garut baru cair sebagian baik SD maupun SMP. Namun setelah dirinya berkoordinasi informasinya pekan depan BOS cair semua.

“Informasi dari pusat mudah-mudahan minggu depan beres semua. Kasian sekolah kalau terlalu lama,” ucapnya.

Informasi dihimpun garutexpress.id secara garis besar, proses pencairan atau penarikan uang BOS bisa disesuaikan dengan jadwal menurut peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 9/PMK.07/2020 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 48/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan DAK Nonfisik. Silahkan simak dengan teliti PMK Nomor 9 tahun 2020.

Tahap satu sudah dicairkan pada 10 Februari 2020 yang lalu, kemudian bagaimana dengan Pencairan Dana BOS tahap 2 dan 3.

Rentang Waktu Jadwal Pencairan
Tahap 1 Januari – Maret ~ 10 Februari 2020
Tahap 2 April – Agustus ~ Bulan April 2020
Tahap 3 September – Desember ~ Bulan September 2020

Dana BOS dicairkan dalam 3 tahap tahun 2020 ini yaitu pada Tahap I sebesar 30 persen, tahap II, 40 persen dan tahap III, 30 persen dengan syarat pencairan mengikuti ketentuan Kemendikbud.

“Untuk tahun 2020, penyaluran Dana BOS diubah dari tadinya 4 kali menjadi 3 kali. Dengan tiga kali, berarti akan jauh lebih sederhana. Syarat-syarat pencairannya, kami mengikuti Kemendikbud,” papar Menkeu pada 11 Februari 2020 lalu di Jakarta.

Tahap pencairan dana BOS reguler paling cepat tahap I sudah bisa dilakukan sejak Januari, tahap II bulan April dan tahap III bulan September.

Adapun persyaratan :

1. Untuk pencairan Dana Bos tahap 1 telah menyelesaikan RKAS.2. Untuk pencairan Dana Bos tahap 2 adalah telah menyelesaikan  Laporan Realisasi tahap 1.3. Untuk pencairan Dana Bos tahap 3 adalah telah menyelesaikan Laporan Realisasi tahap 2.

Mengenai penggunaan Dana Bos 2020 ditengah Pandemi Covid-19, sebagian dana bisa di realokasi maka dialihkan ke pendanaan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 misalnya membuat tempat cuci tangan, spanduk pencegahan penyebaran Covid-19 maupun penyemproten disinfektan di lingkungan sekolah. (*)

Reporter: Awis
Editor: Citra Kharisma


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here