Mendadak! Seribu Orang Lebih Pedagang di Pasar Limbangan Jalani Swab Test

garutexpress.id- Secara mendadak Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama tim gugus tugas Covid-19 Garut menggelar swab test bagi pedagang pasar modern (Pasmo) Limbangan, Kabupaten Garut, Jumat (12/6/2020).

Sejumlah petugas medis berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap terpantau sudah siaga sejak pagi, saat itu.

Selain melakukan swab test, petugas juga nampak melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area pasar tersebut.

“Swab test massal ini sebagai pencegahan penyebaran virus Covid-19. Pasar Limbangan berada tepat di perlintasan jalur nasional,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Garut, Asep Mulyana, saat ditemui di lokasi.

Dikatakannya, pasar modern saat ini menjadi lokasi yang rentan terjadinya penyebaran. Pasalnya, setiap hari kerap terjadi kerumunan.

“Target kami seluruh pedagang pasar modern di Kabupaten Garut akan menjalani swab test. Kami juga selalu mengimbau pada pedagang dan pembeli untuk tetap melakukan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengurus Ikatan Warga Pedagang Pasar Limbangan, Iyan mengatakan, pihaknya menargetkan swab test diikuti oleh sebanyak 1.300 pedagang.

Iyan menuturkan, di tengah pandemi Covid-19, pasar tradisional merupakan tempat transaksi. Sehingga kerumunan orang tidak bisa dihindari. (*)

Reporter : Tim GE

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here