Longsor Timbun Kawasan Cilawu, Jalur Garut-Tasikmalaya Sempat Lumpuh

garutexpress.id- Timbunan longsor yang menutup jalan utama Garut-Tasikmalaya sempat lumpuh. Perisitiwa yang dipucu guyuran hujan deras tersebut terjadi sekira pukul 02.42. WIB, di Kampung Cigangsa, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Ahad (31/5/2020).

Akibat insiden tersebut, sekita 60 meter badan jalan tertutup material longsor. Material longsor yang menimbun jalan berupa tanah, kayu dan bebatuan membuat arus lalulintas lumpuh total.

Menurut Danramil Cilawu, Kapten Inf Edi Subekti, longsor menutup akses jalan provinsi dari kedua jalur Provinsi itu.

“Longsor berasal dari perbukitan di sepanjang jalan provinsi. Akibatnya menutup sekitar 60 meter jalan utama menuju Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya,” ungkap Edi saat dihubungi awak media, Ahad (31/5/2020).

Menurutnya, selain menutup akses jalan, longsor juga merusak sebuah pabrik dan mengalami kerusakan berat. Longsor pun mengancam enam unit rumah yang berisi 10 kepala keluarga (KK).

“Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa longsor tersebut. Petugas juga sudah membersihkan material longsor,” katanya.

Saat ini jalan yang tertutup longsor sudah bisa dilewati kendaraan dari arah Tasikmalaya dan Garut.

Alat berat milik Dinas PUPR diturunkan untuk membersihkan material tanah yang menutupi jalan.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan, penyebab longsor akibat hujan deras dan adanya bekas galian tanah di dekat pabrik pemotongan kayu.

“Kontur tanahnya labil dan tidak ada TPT (Tembok Penahan Tanah) di lokasi. Longsor terjadi sekitar pukul 02.43,” katanya. (*)

Reporter : FW
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here