Kendalikan Harga, Pemkab Garut Siap Gelar Operasi Pasar Murah Gula Pasir di 3 Pasar

garutexpress.id- Untuk mengendalikan harga gula, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut siap menggelar operasi pasar murah untuk gula pasir di tiga pasar tradisional. Tercatat ada 3 pasar tradisional di wilayah Garut bagian selatan, utara dan kota yang jadi target operasi pasar murah.

“Sekarang sudah mulai uji coba menggelar pasar gula yang disiapkan sebanyak 50 ton gula,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Garut, Nia Gania kepada sejumlah awak media, Senin (15/06/2020).

Nia menyebut, gula pasir yang disiapkan sebanyak 50 ton itu dijual murah dengan harga Rp12.500 per kilogram atau jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran yang sempat mencapai Rp18 ribu per kilo gram.

Menurutnya, gula pasir yang disediakan merupakan gula dalam negeri dengan kualitas bagus yang dipastikan akan mampu mengendalikan harga gula pasir di pasaran.

“Kemarin sempat berkurang gula itu, sekaramg dilaksanakan operasi pasar dan diutamakan gula dalam negeri dengan harga Rp12.500,” tukasnya.

Ia menyebutkan, tiga pasar yang akan dilaksanakan operasi pasar gula yakni di Pasar Limbangan yang melingkupi wilayah utara Garut, lalu Pasar Bayongbong wilayah kota dan Pasar Pameungpeuk wilayah selatan Garut.

Terkait pasar murah untuk barang pokok lainnya seperti beras dan telur, tidak dilaksanakan karena dianggap harganya sudah stabil bahkan terbantu dengan adanya pasokan dari Bulog.

“Sebetulnya untuk beras dan telur itu normal pasokannya, jadi masalah ketersediaan bahan pokok di Garut ini aman,” katanya. (*)

Reporter : Tim GE

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here