Kader Kelurahan Paminggir Pastikan BPNT Tepat Sasaran

garutexpress.id- Masyarakat Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Pemerintah berkerjasama dengan Bank Mandiri yang kemudian diberikan kepada masyarakat  Rumah Tangga Miskin (RTM).

Di Paminggir, BPNT ini diberikan melalui Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM), yang kemudian disalurkan kepada masyarakat RTM.

Menurut kader Kelurahan Paminggir, penyerahan BPNT  ini sesuai dengan sasaran dengan melakukan survey  dari kelurahan terlebih dahulu.

Masyarakat yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak menerima BPNT tersebut. Adapun masyarakat yang sudah meninggal, pindah, ataupun terdata dua kali maka bantuan itu akan di lemparkan kepada masyarakat yang tidak menerima bantuan apapun.

Setiap masyarakat yang menerima BPNT memiliki akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagangan bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bankbantuan ini, berupa sembako seperti beras 30kg, telur, mie instran dan lainnya.

Erin nuryanti selaku kader RW 5 menegaskan, di wilayah Paminggir kemungkinannya sangat sedikit jika salah sasaran. Dia juga sangat yakin dengan sasaran yang menerima BPNT ini sudah sangat tepat.

“Sasaran RTM, Alhamdulillah diwilayah kami yang sesuai, tidak salah sasaran,” ujarnya.

Selain keyakinannya mengenai tepatnya sasaran penerima BPNT, dia juga menjelaskan peran dan fungsi menyurvei dan data yang ia langsung terima dari kecamatan. Kebijakan dari kelurahan juga cukup baik, dimana yang menerima bantuan  double maka akan dialihkan kepada yang berhak dan belum mendapatkan bantuan. Data yang diterima juga sudah cukup baik, mengenai nama-nama yang sudah meninggal, pindah, yang double data.

“Iya, karenakan yang udah diterima data yang dari kelurahan ada nama-nama yang sudah meninggal, pindah, yang double data. Yang data BLT ada juga di BPNT, nah itu ada kebijakan lokal dari kelurahan mana bagusnya gitu. Yangpantas menerima itu dikasih, ya yang tidak, tidak diambil,”

Kader RW 5 ini juga menegaskan kembali, bahwa data yang ia terima di kecamatan akan di survey kembali agar tidak adanya masalah terkait salah sasaran dalam pemberian bantuan ini.

“Ya data dari kecamatan di survey lagi, jadi tidak salah sasaran,” katanya.

Bantuan ini juga disalurkan kepada warga berupa makanan pokok, sesuai dengan nama bantuannya. Erin menyebutkan bantuan ini terdiri dari 30 Kg beras yang terbagi menjadi 3 karung, telur dan makanan pokok lainnya.

“BPNT ini yang saya lihat, tadi yang dikeresek belum saya lihat ya. Yang kelihatan beras 30 kg. Kalau itu saya kurang tau yang saya tau beras, telur, sembako,” pungkasnya. (*)

Reporter : Dida Damila/ Putri Mutiara Sari

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here