Duta GenRe 2020 Siap Jadi Wakil Garut di Tingkat Jawa Barat

garutexpress.id- Ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2020 di Kabupaten Garut telah terselenggara dengan baik. Setelah melalui beberapa tahapan penilaian, dari 110 peserta terpilihlah top 10 Duta GenRe Kabupaten Garut. Pemenang siap jadi wakil Kabupaten Garut di tingkat Jawa Barat.

Top 10 Duta GenRe tersebut terdiri dari top 5 perempuan dan top 5 laki – laki. Hasil dari Grand Final Duta GenRe 2020, terpilihlah Sondika Rasid sebagai Duta GenRe Terbaik 1 Putera dan Ilmi Rizkiani Sundara sebagai Duta GenRe Terbaik 1 Puteri, sekaligus menjadi wakil dariKabupaten Garut di ajang Pemilihan Duta GenRe Jawa Barat 2020 mendatang.

Sandika merupakan finalis dari Kecamatan Karangpawitan. Dia juga merupakan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi semester akhir, di salah satu Universitas di Garut. sementara itu, Ilmi merupakan finalis dari KecamatanTarogong Kidul. Dia adalah Mahasiswi dari Prodi Ilmu Pengetahuan Sosial di Kabupaten Garut semester 4.

Sandika menjelaskan tujuannya mengikuti ajang ini. Selain untuk penelitian, dia juga ingin menekan angka kematian ibu di Kabupaten Garut. Dia sangat sadar betul bahwa, mengikuti ajang ini akan menjadi salah satu kekuatan agar dapat memotivasi, dan menginspirasi generasi muda.

“Tujuan saya mengikuti Duta GenRe, yang pertama terutama dikarenakan pada saat ini saya sedang melaksanakan penelitian yang menyatakan bahwa tempat saya atau kecamatan saya adalah kecamatan dengan angka kematian ibu tertinggi di Kabupaten Garut. Maka dengan itu saya ingin mengikuti Duta GenRe, karena saya ingin mempunyai kekuatan agar dapat memotivasi dan juga menginspirasi generasi muda untuk dapat merencanakan pendidikannya, pekerjaannya, dan juga keluarga,” ucap Duta GenRe Terbaik 1 Putera saat ditemui di Acara Grand Final. Kamis (18/06/2020).

Setelah pemilihan selesai, Ilmi sudah mempersiapkan langkah apa saja yang akan diambil untuk memotivasi remaja di Kabupaten Garut khususnya. Dia berharap agar setiap remaja mempunyai tujuan hidup yang baik serta layak. Dia rasa remaja juga harus mencapai cita – citanya dengan baik.

“Langkah yang ingin saya ambil untuk memotivasi remaja di Kabupaten Garut khususnya, dengan cara terus menerus mensosialisasikan bahwa generasi muda harus memiliki sebuah tujuan hidup lebih baik dan layak untuk bisa mencapai cita-citanya yang baik,” kata gadis bertinggi badan 167 cm ini.

Dengan berakhirnya pemilihan Duta GenRe di Kabupaten Garut, Sandika merasa bahwa tidak mudah untuk bisa sampai terpilih menjadi Duta GenRe Terbaik 1 sekaligus mewakili Kabupaten Garut di ajang Pemilihan Duta GenRe Jawa Barat.

Dia merasa senang dengan didukungnya oleh keluarga, teman, dan juga tidak lupa untuk belajar serta bersyukur. Sandika juga memotivasi agar remaja bisa terus berencana dan menjadi lebih baik lagi.

“Tentunya untuk menjadi Duta GenRe Terbaik 1 tidaklah mudah. Pertama tentunya dukungan dari keluarga, teman – teman dan juga belajar. Jangan pernah puas untuk diri sendiri. Jika merasa puas dalam artian bersyukur, puaslah dan bersyukur. Tetaplah jangan berhenti, karena hidup harus terus berjalan dan selalu jadilah remaja yang berencana dan remaja yang selalu menjadi lebih baik lagi,” ungkap lelaki yang mempunyai hobi bernyanyi ini.

Sementara itu, Ilmi merasa support system merupakan hal yang sangat penting. Mereka selalu memberi semangat yang tinggi sehingga saya bisa mendapatkan ini di tahun 2020.

“terutama yang pasti orangtua,keluarga, dan juga rekan – rekan yang selalu memberikan semangat yang tinggi untuk saya bisa mendapatkan juara Terbaik 1 dalam Pemilihan Duta Generasi Berencana Kab. Garut di tahun 2020,” jelasnya.

Harapan duta terpilih untuk masa jabatannya juga disampaikan, Ilmi ingin terus – menerus memotivasi remaja agar bisa merencanakan kehidupan yang lebih baik lagi. Sedangkan Sandika menambahkan bahwa dia ingin fokus mensosialisasikan program PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja), juga menekan angka kematian Ibu di Kabupaten Garut.

“Saya ingin terus menerus memotivasi para remaja di Kabupaten Garut untuk menjadi remaja yang layak, yang bisa merencanakan sebuah kehidupan yang baik. Sehingga bisa mencapai cita – cita mereka dengan baik,” kata gadi berhijab itu.

“Harapan terbesar saya, bahwa saya ingin memberantas atau menghilangkan dan menurunkan angka kematian ibu di Kabupaten Garut dengan cara mensosialisasikan melalui program PIK-R,” pungkas lelaki penerima beasiswa di kampusnya.  (*)

Reporter : Putri Mutiara Sari

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here