Duta GenRe 2019 Kabupaten Garut Akhiri Masa Jabatan

garutexpress.id- Ajang Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Garut 2020 selesai digelar. Pemenang baru sudah terpilih, sekaligus menandai berakhirnya masa jabatan Duta GenRe 2019 Terbaik 1 Jalur Pendidikan, serta  Jalur Masyarakat Kabupaten Garut Pada Kamis, (18/06/20).

Bayu selaku Duta GenRe terbaik 1 jalur pendidikan 2019 menegaskan bahwa, Kekeluargaan menjadi salah satu hal yang didapatkan selama masa jabatan Duta GenRe 2019. Selain itu juga, Duta GenRe 2019 mendapatkan ilmu-ilmu GenRe dari  Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pembayrana Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA).

“Jadi ketika kami menjadi Duta GenRe pertama kali kita dapatkan kekeluargaan. Mengapa,  karena di Duta GenRe 2019 yang paling setiap hari ditanamkan oleh panitia adalah kekeluargaan,  dan sampai pada akhirnya dihari ini kita lengser kitapun merasa kekeluargaan semakin erat,  dan tentunya ilmu-ilmu ke GenRean dari dinas dan yang lainnya. Hal yang membuat kami menjadi remaja yang inovatif dimasa yang akan datang,” ungkap mahasiswa prodi Bahasa Inggris ini.

Sementara itu dia juga mengatakan bahwa, mendapat keluarga baru, dan ilmu yang sangat banyak. Mengikuti ajang ini, dia dan ketiga juara lainnya banyak pengalaman yang didapatkan selama satu tahun menjabat menjadi Duta GenRe 2019.

“Banyaknya pengalaman yang saya dapatkan tentunya ilmu juga yang sangat banyak dan keluarga baru,” ujar Bayu.

Putri Duta Genre terbaik 1 Jalur pendidikan 2019 menegaskan bahwa, Selama masa jabatan Duta GenRe 2019 membutuhkan support system untuk menjadi Duta GenRe. Paling penting  percaya terhadap rencana Tuhan, keluarga, orang tua,  bahkan teman para Duta GenRe batch 2019.

“Yang pertama kita percaya terhadap rencana Tuhan,  yang kedua keluarga,  orang tua,  teman-teman terdekat juga Duta GenRe 2019,” ujar putri.

Anggi Duta GenRe terbaik 1 jalur masyarakat 2019 menyadari bahwa, dengan adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan pemilihan Duta GenRe 2020 harus diadakan dalam segala kondisi sebagai kesempatan bagi remaja untuk mengahadapi Covid-19 ini dan dapat membantu menyuarakan kesehatan mental, kesehatan fisik, dan juga menjaga diri dari Covid-19.

“Duta GenRe itu harus diadakan dalam segala kondisi,  pada saat pandemi saat ini karena kita butuh figur, selain ini sebagai kesempatan untuk menyuarakan apa apa saja yang harus dilakukan sebagai remaja untuk menghadapi covid-19 ini, duta genRe juga bisa menyuarakan terhadap kesehatan mental, kesehatan fisik, dan bagaimana cara kita menjaga diri dari covid-19 ini” , ujar Anggi Duta GenRe terbaik 1 jalur masyarakat 2019.

Setiap tahun, Kabupaten Garut melaksanakan Kegiatan yang diselenggarakan oleh BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe) untuk mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Fauziah menyadari pentingnya pemilihan Duta GenRe untuk membutuhkan sebuah figur untuk mengatasi solusi dari permasalahan remaja saat ini.

“Karena masa remaja merupakan masa transisi dan juga banyak permasalahan-permasalahan remaja saat ini, nah untuk mengatasi solusi tersebut disini butuh figur dari remaja itu sendiri, nah sebagai Duta Genre ini semoga bisa menjadikan solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan remaja saat ini,” Fauziah Duta GenRe terbaik 1 jalur masyarakat 2019.

Duta GenRe tahun 2020 akan menjadi wakil Kabupaten Garut diajang Jawa Barat. Maka dari itu, harapan untuk Duta GenRe 2020 dari Putri selaku Duta Genre 2019 merasa bahwa, agar menjadi percaya diri untuk mensosialisaikan tentang GenRe.

“Harapan kami untuk Duta genRe mendatang yang akan terpilih hari ini. Kedepannya untuk lebih baik lagi, yang pasti kemudian bisa mengexplor diri sesuai dengan temanya “loving your self and be confident” , jadi buat temen-temen duta yang sekarang lebih PD (Percaya Diri) lagi untuk mensosialisasikan tentang GenRe,” pungkas Putri. (*)

Reporter : Dida Damila

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here