DAS Irigasi Talangseng-Margawati Kini Jadi Wahana Wisata Air

garutexpress.id- Daerah Aliran Sungai (DAS) Irigasi Blok Talangseng, Kampung Ciburuy, Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat kini bertambah fungsinya, yakni sebagai wahana wisata air.

“Saluran irigasi yang semula hanya untuk mengairi sawah, kini bertambah fungsinya menjadi wahana wisata air bagi masyarakat,” ujar Wakil Bupati Garut dr Helmi Budiman, saat meninjau Wisata Air, tepatnya di DAS Irigasi Blok Talangseng, Senin (29/06/2020)

Saat kunjungan ke kawasan tersebut, Wabup Garut didampingi Kepala Disparbud Budi Gangan , Kadis PUPR Luna Apriantini , Camat Garut Kota Teten, Camat Cilawu Mekarsari, Lurah Margawati Awang Uriana, Kades Ngamplangsari A Kusnadi, dan tamu undangan lainnya.

“Hari ini kita melakukan kunjungan ke lokasi wisata irigasi Talangseng. Irigasi ini adalah milik pemerintah daerah untuk mengairi sawah sawah masyarakat, yang kini dijadikan aset wisata air,” ujar Helmi.

Menurutnya, warga sekitar sudah lama memanfaatkan ini sebagai tempat rekreasi. Kelebihannya dari wisata air Tangseng ini di antarnat mudah diakses dari Garut kota. Dengan keindalahan alam pegunungan di sekitarnya, kawasan ini potensial untuk dikembangkan.

“Pengembangan nya itu simultan, sinergi dengan pemeliharaan aset dan pemanfaatan aset, jadi nanti kedepan banyak yang harus kita perbaiki dan kita lengkapi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Garut, Hj Ir Luna Avriantini berharap semua pihak, termasuk masyarakat bahu-membahu memelihara asset pemerintah ini.

“Kita saling menguntungkan di sini, ada kerjasama antara pemerintah dangan masyarakat, kami juga tidak mau masyarakat ini ikut dalam program program pemerintah tapi mereka tidak menerima manfaat. Justru dalam hal ini yang kami pikiran itu adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat yang utama,” katanya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor     : ER


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here