Cegah Penyebaran Covid-19, Warga Desa Cinisti Ciptakan Aplikasi ‘Simantu’

Yusep Maulana, saat menjelaskan fungsi aplikasi "Simantu" di hadapan tim penilai dari Polres Garut, Rabu (24/06/2020)***

garutexpress.id- Sebagai uapaya mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19), warga di Perum Bayongbong Asri, Desa Cinisti, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut membuat inovasi aplikasi untuk mencatat keluar masuk orang ke wilayah tersebut.

Aplikasi tersebut dinamai “Simantu” (Aplikasi Pemntau Tamu). Aplikasi tersebut berfungsi sebagai pencatat dan pusat data siapa saja yang masuk ke wilayah “Kampung Tanggap Lodaya.”

Dengan aplikasi tersebut, selain dari penerapan protokol kesehatan untuk seluruh warga juga tamu yang hendak masuk ke wilayah tersebut.

Inovasi Aplikasi “Simantu” warga Desa Cinisti ini mendapatkan apresiasi Ketua tim penilai “Kampung Tanggap Lodaya” yang ada di RW 09 Desa Cinisti, Kompol Budiman, SH.

Pencipta Aplikasi “Simantu,” Yusep Maulana mengatakan, dengan aplikasi ini diharapkan bisa membantu pemantauan keluar masuk warga ke satu kampung.

“Jadi awalnya aplikasi ini diciptakan untuk membantu relawan satgas Covid-19 yang ada disini untuk mencatat dan memantau orang yang hendak masuk ke sini (Kampung). Kalau pake lembaran kertas cukup ribet, tapi dengan aplikasi bisa sangat simpel dan lengkap datanya, termasuk foto orang tadi yang nantinya data tersebut bisa dipantau di data base ruang informasi,” ungkap Yusep, saat memaparkan fungsi aplikasi kepada tim penilai dari Polres Garut.

Sementara itu, ketua tim penilai Kampung Tanggap Lodaya Polres Garut, Kompol Budiman, SH mengapresiasi satgas Covid-19 dengan inovasi aplikasi Simantu tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi langkah kerja tim Satgas Relawan Desa Lawan Covid-19 yang secara aktif melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Dengan adanya inovasi aplikasi Simantu ini luar biasa. Semoga hal ini bisa diadopsi oleh wilayah lainnya juga,” tutur Budi. (*)

Reporter : Agus Muhram
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here