BREAKING NEWS : Sebuah Tower di Garut Ambruk, 1 Tewas 4 Orang Luka-luka

garutexpress.id- Sebuah tower di Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Garut, Jawa Barat, ambruk dan menimpa sejumlah orang. Seorang pekerja yang menurunkan tower dilaporkan meninggal dunia.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.00, Senin 15 Juni 2020. Dari lima orang yang terluka, dua di antaranya mengalami luka berat.

Minah (58), salah seorang saksi yang berjualan di depan Kantor BPN menyebut, tower yang berada di atar kantor tiba-tiba rubuh. Suara runtuhan tower terdengar begitu keras.

Genting di atas kantor juga berjatuhan ke tengah Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota. Beruntung genting itu tak menimpa kendaraan.

“Saat kejadian jalan lagi sepi. Kalau ada mobil atau motor, pasti sudah kena. Bekas gentingnya saja masih ada,” kata Minah menunjuk ke tengah jalan.

Minah juga masih terngiang suara runtuhan tower tersebut. Ia juga melihat seorang pekerja di atas tower yang jatuh.

Tower di Kantor BPN itu rencananya akan diturunkan. Surya, salah seorang pekerja menyebut tower tersebut roboh sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu ia tengah menahan tali untuk menurunkan tower bersama seorang rekannya.

“Rekan saya bernama Daud sedang di atas tower untuk membongkar tower milik BPN. Saya bertugas menahan tali agar stabil. Ada empat orang yang bertugas membongkar tower ini,” ujar Surya.

Saat tengah menahan kawat seling, tiba-tiba ada tarikan kencang yang diduga akibat hembusan angin. Tower pun kemudian roboh setelah sempat berayun.

Saat tower roboh, rekannya masih ada di atas tower dengan ketinggian puluhan meter.

“Daud ikut jatuh. Dia mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke rumah sakit,” sebutnya.

Kanit Reskrim Polsek Garut Kota, Ipda Amirudin Latif, mengatakan, seorang warga meninggal dunia dan empat lainnya terluka akibat peristiwa tersebut.

Warga yang meninggal dunia adalah pegawai yang sedang bertugas merobohkan tower. Sedangkan empat lainnya adalah pegawai BPN Garut dan petugas dari desa.

“Seorang pekerja yang sedang berada di atas tower, yaitu Daud meninggal dunia setelah mendapat perawatan di rumah sakit. Seorang warga mengalami luka berat, yaitu pegawai BPN. Sisanya luka ringan. Semuanya yang luka juga sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan,” tuturnya.

Empat orang yang mengalami luka, saat kejadian tengah rapat di Kantor BPN Garut lantai dua. Tower yang roboh menimpa bagian atap kantor dan menimpa peserta rapat.

“Dugaan sementara tower yang roboh akibat putusnya kawat seling penahan tower. Kondisi kawat selingnya memang sudah berkarat dan usia towernya juga sudah cukup lama,” pungkasya.(*)

Reporter : PR
Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here