Waspada! Penipuan Berkedok Akun Medsos Bank, Korban Asal Garut Tertipu Jutaan Rupiah

Garutexpress.id – Kode OTP Bank manapun adalah kode rahasia yang tidak boleh diberikan pada siapapun, baru-baru ini kasus penipuan akibat memberikan kode rahasia marak terjadi di masyarakat, tidak sedikit saldo rekening korban dibobol habis oleh pelaku penipuan.

Seperti yang dialami oleh Tri Suci Ardilla, warga Desa Jayawaras Kecamatan Tarogong Kidul Garut. Tri menjadi korban penipuan oleh pelaku yang mengaku sebagai Call Center resmi Bank BCA.

Awalnya Tri mengunggah masalah yang terjadi pada M-bangking miliknya yang tidak bisa diakses, unggahan tersebut ia bagikan di akun Instagram miliknya.

“Tak lama dari unggahan itu, ada yang nge dm (direct message) dan mau ngebantu dari BCA lah katanya,” Kata Tri kepada Garutexpress.id, Jum’at (22/05/2020).

Kemudian pelaku meminta nomor kartu debit kepada korban. Korban pun lalu memberikan nomor yang tertera pada kartu debit miliknya.

“Dikasihlah.. terus ada sms verifikasi kode terus-terusan dari berbagai aplikasi Gojek, Ovo, Bukalapak dan Blili,” Ungkap korban.

Pelaku pun meminta korban mengirimkan kode aktivasi tersebut, dengan ketidaktahuan korban pun memberikan kode verifikasi rahasia itu.

Beberapa waktu setelah korban memberikan kode, muncul pemberitahuan SMS bahwa ada riwayat uang keluar dari rekening korban.

Sadar bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan, Tri langsung segera pergi ke ATM untuk mengamankan uang yang tersisa.

“Nerima SMS ada mutasi keluar, Saya pun langsung bergegas pergi ke ATM untuk segera membackup uang yang masih tersisa di ATM, alhamdulillah masih sempat diamankan,” Sambung korban.

Pelaku mengecoh korban menggunakan akun yang seolah-olah resmi dari Bank BCA bahkan ada 12ribu pengikut dengan nama akun @hallo__bca.

Akun Penipuan Berkedok Akun Media Sosial Hallo BCA**

Korban pun berharap masyarakat lebih hati-hati dan teliti jika ada yang menawarkan bantuan soal masalah perbankkan.
“Bantu report yaa (akun tersebut/red) mudah-mudahan tidak ada korban lagi, apalagi dengan kondisi yang seperti ini (covid-19/red),” Pesannya.

Melansir dari Kompas.com Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn menyampaikan setelah mendengar adanya keluhan salah satu warganet yang tertipu dengan akun tersebut.

“Sehubungan dengan adanya informasi mengenai akun Customer Service (CS) yang menyerupai Halo BCA, dapat kami sampaikan bahwa akun tersebut bukan merupakan akun resmi dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA),” katanya. Selasa (18/2/2020).

Untuk itu, dia mengimbau kepada para nasabah BCA agar tetap menghubungi layanan CS BCA yang resmi bila membutuhkan bantuan terkait layanan nasabah.

Sebagai informasi, akun CS Halo BCA yang palsu tersebut memang menggunakan logo yang sama dengan yang resmi. Namun yang membedakan, akun palsu Halo BCA itu menyantumkan nomor ponsel Whatsapp.

Penulis: Sidqi Al Ghifari
Editor : SID


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here