Warga Desa Sukasenang-Banyuresmi Bersukacita Sambut Pembagian BLT

garutexpress.id- Warga Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut saat ini tengah bersukacita. Kegembiraan warga Desa Sukasenang ini merupakan ekspresi saat tibanya Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa tahap 1, Kamis (14/05/2020).

Sebanyak 160 kepala keluarga (KK) di Desa Sukasenang tercatat mendapatkan program BLT tersebut. Penyaluran BLT yang dipimpin langsung Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan tersebut dilakukan langsung dari pintu ke pintu warga sekitar.

Dalam kegiatan tersebut nampak sejumlah pejabat Forkopimcam Banyuresmi turut hadir di lokasi untuk menyaksikan langsung pembagian BLT.

Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan mengatakan, bahwa dana yang dibagikan pada masyarakat yang terdampak Covid-19, bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) yang akan digulirkan selama tiga bulan berturut-turut.

“Kita langsung secara door to door ke setiap penerima manfaat, dana BLT yang dibagikan pada setiap penerima besarannya adalah Rp 600.000/KK. Total dananya sebesar Rp 288. Hal ini sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Desa (Kemendes),” ungkapnya.

Diharapkannya, dengan digulirkannya Bantuan BLT ini dapat bermanfaat bagi keluarga penerima manfaat (KPM), yang memang kondisinya sangat membutuhkan.

“Alhamdulillah bantuan BLT yang saat ini tengah digulirkan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah Desa Sukasenang,” katanya.

Sementara itu, Camat Banyuresmi Drs. H. Nurrodhin, mengatakan, penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini mengacu pada Surat Edaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Disampaikannya, BLT ini berupa uang tunai dan masing masing penerima satu KK akan mendapat bantuan sebanyak Rp 600 ribu setiap bulannya selama tiga bulan.

“Proses untuk menuju kearah ini begitu panjang dari mulai pelasaksanan pendataan, dan dilaksanakan Musyawarah Desa, selanjutnya nama calon penerima BLT selanjutnya mendapat pengesahan dari camat dan Bupati. Penyerahan BLT ini dibagikan kepada warga masyarakat yang berhak menerima nya,” jelasnya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here