Update COVID-19 di Garut Hari Ini, 1 PDP dari Sucinaraja Dilaporkan Meninggal

garutexpress.id-  Perkembangan kasus virus corons (COVID-19) di Kabupaten Garut hingga hari ini, Selasa 05 Mei 2020, Pukul 16.00 WIB, jumlah korban dilaporkan bertabah. Penambahan ini salah satunya seorang pasien dalam pengawasan (PDP) dari Sucinaraja meninggal dunia pada Senin (04/05/2020) malam.

Dalam laporannya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut, menyatakan bahwa 1 orang PDP yang meninggal tersebut adalah seorang perempuan berusia 58 tahun asal wilayah Kecamatan Sucinaraja).

“Sebelumnya (PDP dari Sycinaraja) telah mendapatkan perawatan dan penanganan medis sejak tanggal 30 April 2020, termasuk telah dilakukan rapid test dan hasilnya Non Reaktif. Kemungkinan penyebab kematian akibat penyakit penyerta lainnya berupa gangguan saluran pernafasan kronis dan gangguan organ ginjal. Jenazah telah mendapatkan pemulasaraan sebagaimana protokol kesehatan oleh RSUD dr. Slamet Garut dan telah dimakamkan di kampung halamannya sesuai SOP yang ditentukan,” ungkap Humas Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Garut, H. Muksin, S. Sos., M.Si., dalam laporannya, Selasa (05/05/2020) sore.

Muksin menambahkan, pada hari ini (Selasa 05-052020) juga telah dilakukan isolasi (karantina) pada 3 orang yang dinyatakan Reaktif rapid test . Selain itu, hari ini bertambah 1 PDP (Laki-laki, 61 tahun Kecamatan Cikajang) dengan gejala demam dan sesak nafas, tidak memiliki riwayat perjalanan dari wilayah zona merah. PDP telah mendapatkan penanganan medis di RSUD dr. Slamet Garut.

“Dengan demiikian total PDP sampai hari ini sebanyak 55 orang.  Sebagai tindak lanjut dari penemuan KC-04, maka hari ini dilakukan tracing dan rapid test ulang di Kecamatan Cigedug sebanyak 50 orang dan semuanya dinyatakan Non Reaktif,” katanya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut  mencatat, hingga saat ini total Kasus COVID-19 (OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi +) sebanyak 3.265 kasus.

Dari jumlah kasus tersebut meliputi  OTG : 744 orang, dimana 377 masih dalam tahap observasi dan 367 selesai masa observasi tanpa ada kasus kematian, ODP : 2.455 kasus (120 kasus masih pemantauan, 9 dalam perawatan, dan 2.326 selesai pemantauan dimana 13 diantaranya meninggal), PDP : 55 kasus (4 kasus sedang dalam perawatan dan 50 kasus selesai pengawasan, di mana 12 di antaranya  meninggal).

“Konfirmasi + : 11 kasus terdiri 8 dalam perawatan di rumah sakit, 1 kasus isolasi mandiri di rumah menunggu hasil laboratorium, 1 kasus dinyatakan sembuh, dan 1 kasus meninggal,” pungkasnya. (*)

Reporter  :  Tim GE

Editor        :  ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here