Tingkatkan Imunitas Tubuh Anda Saat Pandemi Secara Alami, Berikut Beberapa Triknya

garutexpress.id- Pandemi virus corona memaksa Anda dan keluarga untuk selalu berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Ini membuat tubuh Anda jadi jarang bergerak sehingga metabolisme menurun. Dampak penurunan metabolisme ini beragam, dari lemak menumpuk hingga imunitas atau kekebalan tubuh juga ikut menurun.

Tidak mudah bagi tubuh untuk mengatasi penyakit di tengah gaya hidup yang tidak aktif ini. Apalagi metabolisme dan kekebalan tubuh yang kuat diperlukan untuk bertahan dari serangan virus corona yang masif.

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan imunitas dengan cara alami, dilansir dari Times of India, Rabu, 15 April 2020.

1. Makanan yang kaya vitamin D
Vitamin D dianggap sebagai salah satu nutrisi paling efektif dalam menangani virus yang ada di lingkungan. Vitamin ini membantu menangkal dan melindungi tubuh dari infeksi. Salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan Vitamin D adalah sinar matahari.

Namun, karena Anda diimbau di rumah saja, cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami dengan makanan. Makanan seperti salmon, ikan, telur, cheddar, dan jamur membantu meningkatkan metabolisme serta kekebalan tubuh.

“Bersamaan dengan ini, penting bagi seseorang untuk tidur nyenyak, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol, mengelola stres, dan tetap terhidrasi secara optimal,” kata Rita Bakshi, ginekolog senior dan pendiri International Fertility Center di India.

2. Kunyit dan makanan antiinflamasi
Makanan antiinflamasi penting untuk memperkuat tingkat resistensi dalam tubuh. Makanan seperti kunyit, tomat, minyak zaitun, jahe, minyak ikan, walnut, blueberry, dan yang kaya akan Omega-3 membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

3. Makanan kaya serat
Makanan berserat membantu memberi nutrisi penting bagi tubuh untuk memperkuat imunitas. Makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang mengisi tubuh dengan suplemen yang memadai. Ini bahkan memiliki manfaat melawan infeksi dan virus yang dapat menyerang dan melemahkan tingkat kekebalan tubuh.

“Memperkaya makanan tubuh Anda dapat membantu menjaga sistem kekebalan Anda kuat dan ditingkatkan. Makanan seperti yogurt, bayam, almond, teh hijau, biji bunga matahari, dan makanan jeruk harus dimasukkan ke dalam makanan, tambah Dr Bakshi.

4. Teh ginseng
Teh ginseng diperkaya dengan antioksidan yang berfungsi sebagai perisai bagi tubuh untuk melindungi flu musiman. Kehadiran antioksidan membuat campuran sehat ini obat alami untuk melawan antibodi dan infeksi. Ginseng telah dikenal karena sifat detoksifikasi dan pemurniannya. Lebih lanjut meningkatkan level energi dalam tubuh dan memperkuat kekebalan dalam jangka panjang. (*)

Dari berbagai sumber

Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here