Tak Terbendung, Jelang Lebaran Puluhan Ribu Pemudik Mulai Tiba di Garut

garutexpress.id- Larangan mudik oleh pemerintah nampak tidak begitu efekif. Buktinya, sepekan menjelang tibanya Idul  Fitri 1441 H/ Lebaran 2020, puluhan ribu pemudik sudah tiba di Garut. Bahkan, pihak Pemkab Garut memprediksi ada ratusan ribu pemudik lain yang akan menyusul tiba di Garut.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. Helmi mengatakan, sudah ada 50 ribuan pemudik yang masuk ke Garut sampai hari ini, Sabtu (16/5/2020). “Yang baru tiba di Garut itu sekitar 50 ribuan,” tandasnya.

Menurut Wabup, ada sekitar 200 ribuan lagi warga Garut yang akan mudik untuk berlebaran di Garut. Sebab, diperkirakan para perantau asal Garut yang ada di luar kota jumlahnya sekitar 250 ribu orang.

“Garut itu paling banyak. Paling banyak di antara kabupaten lain se Jawa Barat,” tukasnya.

Dijelaskannya, sekitar 200 ribuan pemudik itu diperkirakan Pemda akan mudik di H-7 lebaran. Pemda bersiaga, langkah antisipasi akan dilakukan dengan melakukan penjaringan di perbatasan. Mereka yang suhunya di atas 38 derajat celcius akan langsung dilakukan tes rapid.

“Selain itu, kami minta di tingkat kecamatan, desa, RT, RW dan keluarga untuk benar-benar mengawasi mereka yang mudik. Pastikan mereka mengisolasi diri di rumah,”  pungkasnya. (*)

Reporter :  Memphis

Editor       : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here