Sungai Cikondang Meluap, Sejumlah Rumah Warga di Wanaraja Tergenang Banjir

garutexpress.id- Hujan cukup deras sejak pukul 18.00 WIB mengguyur cukup deras di sejumlah kawasan Kabupaten Garut, Ahad (10/5/2020). Akibatnya, Sungai Cikondang yang melintas di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja meluap sehingga sejumlah rumah warga terendam.

Menurut Ketua RT 01, Desa Wanajaya, Jajat, mengatakan, banjir luapan Sungai Cikondang edikitnya merendam 10 unit rumah warga di Kampung Legok Samanggen.

“Ada beberapa rumah warga yang terendam. Banjir ini seringkali terjadi saat hujan deras,” ujar Jajat, Ahad (10/05/2020).

Sementara itu, Kepala desa Wanajaya, Nurjaman, menyampaikan, memang pernah ada pengaduan dari warga RW 01 Kampung Samanggen, terkait sering meluapnya air dari sungai ke rumah warga.

“Sebenarnya, keluhan warga sudah diakomodir dan dianggarkan dalam APBDes untuk pembuatan drainase, agar luapan air sungai tidak masuk ke rumah warga, tapi karena anggaran Dana Desa (DD) untuk tahun ini lebih diprioritaskan ke penanganan dampak wabah COVID-19, terpaksa pekerjaan pembuatan drainase saluran air tersebut di tunda,” ujar Nurjaman.

Diharapkannya, permasalahan (drainase) segera mendapatkan penanganan yang serius dari Pemerintah Desa atau Kabupaten. (*)

Reporter : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here