Sibuk Urusan Bansos, Protokol Penanganan Medis Covid-19 di Garut Berantakan

Garutexpress.id – Bupati Garut selaku Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Garut harus segera mengevaluasi perkembangan terkini dari pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pelaksanaan penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut.

Hal ini dilakukan untuk menentukan langkah dalam penanganan pandemi agar sesuai dengan protokol kesehatan secara efektif dan efisien.

Dewan Penasehat Pusat Studi Informasi Pembangunan (PISP) Kabupaten Garut, Hasanuddin, mengatakan, sedari awal program dan rancangan kerja Tim Gugus Tugas di Kabupaten Garut tidak sistematis dan tidak terkoordinasi dengan baik.

“Perbedaan informasi yang disampaikan Bupati dan wakil bupati merupakan salah satu buktinya,” kata Hasanudin, Selasa (19/5/2020).

Hal ini, kata dia, akan berdampak pada kepatuhan publik terhadap kebijakan pemerintah daerah.

Selain itu, lanjut Hasanudin, pemerintah daerah terjebak pada protokol non medis. Semua perangkat aparatur pemerintahan hingga tingkat RT disibukkan pada persoalan bansos.

Padahal, kata dia, lebih efektif jika Pemkab Garut lebih fokus pada protokol medisnya. Sosialisasi, pendataan, pencegahan dan tindakan medis bagi yang terkonfirmasi Covid-19 harusnya itu yang jadi prioritas.

“Ini malah berputar-putar pada urusan Bansos. Yang ujung-ujungnya pun berantakan,” kata Hasanudin.

Hasanudin pun menandaskan, terlepas dari PSBB diperpanjang atau tidak, sudah tidak relevan lagi. Karena faktanya tidak ada hal berbeda antara sebelum dan sesudah PSBB dilaksanakan.

Hasan menganjurkan, lebih baik Pemerintah Daerah fokus kepada Benteng Penanganan terakhir. Siapkan tenaga medis yang cukup dan sarana prasana yang memadai untuk melakukan tindakan medis jika warga banyak yang terkonfirmasi positif covid-19 pascahari raya lebaran ini.

“Kita percaya tenaga medis kita mampu mengatasi hal ini. Saatnya Tenaga Medis menyiapkan diri menjalankan tugas dan tanggungjawabnya meski dalam situasi sulit. Kita percaya, tenaga medis kita memiliki semangat dan mental yang kuat menghadapi situasi ini,” ungkapnya. (*)

Penulis: Farhan SN
Editor: Citra Kharisma


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here