Selain di Zona Merah, Wagub Jabar Mengizinkan Shalat Id Digelar Berjamaah

garutexpress.id- Untuk wilayah selain zona merah, diperbolehkan untuk menyelenggarakan shalat Id 1441 H di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum,saat menggelar rapat melalui video conference bersama 27 bupati/wali kota dari Gedung Pakuan, Sabtu (16/5/2020).

Dalam video conference, Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga menjelaskan, Jabar akan memiliki lima level kewaspadaan setelah evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tingkat Provinsi pada Rabu, 20 Mei 2020.

Lima level yaitu Level 5 atau Zona Hitam (Kritis), Level 4 atau Zona Merah (Berat) yakni kondisi PSBB saat ini, Level 3 atau Zona Kuning (Cukup Berat), Level 2 atau Zona Biru (Moderat) menunjukkan wilayah yang perlu melaksanakan physical distancing, dan Level 1 atau Zona Hijau (Rendah) yakni kondisi normal.

Sementara itu, Uu pun berharap, bupati/wali kota mengizinkan mulai tingkat desa/kelurahan untuk menggelar salat Idul Fitri berjamaah. Jika hasil kajian ilmiah oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar disebutkan bahwa daerah tersebut bukan Zona Merah.

“Sekalipun diberikan kebebasan (salat Idul fitri berjamaah), tetap ada aturan dan syarat tertentu. Misalnya tidak salaman, khotbah tidak terlalu panjang, pakai masker, tempat duduknya tidak berdekatan, dan cuci tangan seperti biasa tetap dilaksanakan,” ujar Wagub, Ahad (17/5/20).

“Intinya hasil dari PSBB (tingkat provinsi) ini ada progres yang sangat baik, berita gembira secara keseluruhan,” tandasnya.

Menurutnya, shalat Idul Fitri merupakan shalat sunnah muakad dan dilakukan berjamaah sebagai bagian dari tradisi yang tidak bisa dilepaskan dari warga Indonesia termasuk Jabar.

“Kalau wilayah-wilayah yang masih (zona) merah, harapan kami sesuai dengan arahan dari Bapak Gubernur tetap melaksanakan itu (aturan PSBB dan fatwa MUI),” katanya. (*)

Reporter : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here