Mencuri Burung Jalak, Seorang Pemuda di Pangatikan-Garut Bonyok Dihakimi Massa

garutexpress.id- Nasib sial dialamai AH (23) seorang pemuda yang hendak mencuri seekor burung jenis Jalak Suren dalam sangkar. Kejadian memalukan sekaligus memilukan ini terjadi di kawasan Kampung Lembur Panjang, Desa Cimaragas, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jumat (15/05/2020).

Menurut Bripka Joko, salah seorang anggota Polsek Wanaraja, aksi pencurian burung tersebut terjadi sekira pukul 19.30 WIB, saat warga setempat tengah shalat taraweh.

“Dari keterangan korban, pelaku yang mengendarai sepeda motor berhenti di depan rumah korban dan langsung mengambil burung beserta sangkarnya yang digantung di teras rumah korban. Sedangkan seorang lagi tetap berada di atas kendaraan sambil mengawasi situasi lingkungan,” ujar Bripka Joko, Jum’at (15/05/2020).

Diungkapkannya, saat melakukan aksi pencurian tenyata kepergok pemilik burung. Baru saja tancap gas beberameter dari TKP, sang pemilik burung meneriakinya maling. Warga pun mengejar pelaku dan berhasil menangkapnya.

Saat tertangkap, pemuda ini sempat menjadi bulan-bulanan warga hingga babak belur. Beruntung pihak RW setempat segera membawa pelaku ke kantor Desa Cimaragas, kemudian pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Wanaraja, datang mengamankan pelaku dari amuk massa.

“Hasil pemeriksaan sementara tersangka memang sudah mempersiapkan sejak awal untuk melakukan pencurian burung. Mereka sengaja pergi dari Kampung Samangen menyusuri rumah-rumah yang ada burungnya. Kebetulan di rumah korban ada burung jenis Jalak Suren yang harganya kisaran Rp 500 ribu,” kata Joko. (*)

Reporter : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here