Kisruh Pembagian BLT, Ratusan Warga Geruduk Kantor Desa Cibiuk-Garut

garutexpress.id- Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) di kawasan utara Kabupaten Garut, tepatnya di Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut berujung ricuh.

Warga setempat menilai, pembagian BLT tersebut tak tepat sasaran. Demi menumpakhkan kekesalannya, ratusan warga Cibiuk menggeruduk kantor Desa Cibiuk kaler, Rabu (13/5/2020).

Nanay salah seorang warga setempat menyebut, pendataan untuk KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BLT DD tidak melibatkan RT dan RW, sehingga tidak menyentuh warga yang seharusnya menerima program sosial tersebut.

“Kedatangan kami ke kantor desa untuk minta kejelasan soal mekanisme pembagian BLT DD yang saat tengah dibagikan, namun tidak sesuai harapan warga,” tandasnya.

Dikatakannya, pembagian BLT DD senilai Rp 600 ribu ini, dipotong Rp 200 ribu, sehingga warga menggeruduk kantor desa. Setelah terjadi kericuhan akibat pemotongan tersebut, akhirnya pihak desa mengembalikan lagi dana yang dipotong tadi kepada KPM.

“Warga datang ke desa dan audien dengan Kades, tak ada titik temu, warga menuduh penerima BLT DD itu merupakan orang terdekatnya, dan akan digunakan untuk kampanye,” tukasnya.

Dalam aksi tersebut, warga menuntut Kades Cibatu Kaler, Enggis mundur dari jabatannya dan pihak yang berwenang segera melakukan penyelidikan dugaan pemotongan BLT DD oleh oknum Kades tersebut.

Pantauan dilapangan, kedatangan ratusan warga di kantor Desa Cibiuk Kaler tersebut mendapat pengaman ketat dari pihak Kepolisian Sektor Cibiuk dan anggota Koramil. (*)

Reporter : Tim GE

Editor     : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here