Irit Sosialisasi, Manajer PLN UP3 Garut Mesti Mengubah Metode Kepemimpinan

Garutexpress.id – Saat ini warga Kabupaten Garut kebingungan terkait kebijakan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Banyak warga mengeluh dan kebingungan harus mengadu ke mana.

Salah satu contoh persoalan subsidi listrik untuk Kwh 900 Wat. Saat ini masih banyak warga yang kebingungan karena harus bayar penuh. Padahal, beberapa waktu lalu pemerintah pusat telah mengumumkan ada pemptongan pembayaran sebesar 50 persen.

Erwin Goner

Konsultan kelistrikan Garut, Erwin Goner, mengatakan masyarakat di kab Garut banyak yang mengeluh dan mengadu kepadanya terkait sejumlah masalah kelistrikan. Salah satunya, program listrik gratis untuk Kwh 450 Wat dan potongan 50 persen untuk Kwh 900 Wat.

“Banyak warga yang datang ke saya menanyakan program ini. Kenapa PLN UP3 Garut tidak melakukan sosialisasi,” katanya.

Mestinya kata dia, semua program kelistrikan di kab Garut bisa disosialisasikan dengan warga. Tujuannya agar tidak terjadi simpangsiur informasi.

“Sosialisasi program PLN jelas tidak sampai ke masyarakat. Sehingga banyak pelanggan PLN kelimpungan dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan,” ucapnya.

Selain itu, kata Erwin, akibat minimnya sosialisasi, saat ini banyak warga yang menjadi korban tersengat listrik. Warga tidak tau ada aliran listrik yang membahayakan saat menebang pohon atau melakukan pembangunan.

“Sosialisasi itu penting. Apalagi ini perusahaan milik negara,” kata dia.

Erwin menyarankan agar Manajer PLN UP3 Garut meniru langkah kepemimpinan para manajer terdahulu. Erwin mengaku, kedekatan para manajer dengan masyarakat, stake holder dan para pegawai tentunya menjadi langkah nyata keberadaan PLN di Garut.

Ia mencontohkan, kepemimpinan kepemimpinan GM PLN Palembang Pa ir.Daryono atau Manajer PLN UP3 Cirebon, Pa Suwarno saat memimpin di PLN Kabupaten Garut. Semua sektor terakomodir.

Sehingga sekecil apa pun program yang sedang digulirkan PLN semuanya bisa tersampaikan kepada masyarakat.

“Semua jaringan bisa bergerak dengan menjalin komunikasi aktif dengan berbagai unsur lapisan masyarakat,” katanya.

Jadi, menurut Erwin, tidak ada salahnya jika Manajer PLN UP3 Garut yang sekarang meniru sejumlah kebijakan dan besosialisasi seperti para manajer yang terdahulu. (*)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here