Emak-emak Ngamuk di Pintu Masuk Wisata Pantai Rancabuaya, Ternyata Ini Penyebabnya

garutexpress.id- Mengamuknya sejumlah emak-emak hingga membuka paksa portal di pintu masuk ke Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut belakangan diketahui. Mereka mengamuk karena kesal, penghasilan mereka merosot tajam.

Emak-emak yang menjadi pedagang musiman itu menilai, penurunan omzet dagangannya itu diakibatkan penutupan akses masuk ke kawasan wisata tersebut.

Menurut Kasubag Humas Polres Garut, Ipda Muslih, emak-emak tersebut mulanya menyalahkan penutupan portal jadi penyebab berkurangnya penghasilan. Padahal, sepinya pengunjung akibat pandemi Covid-19.

“Keterangan Kapolsek Caringin, kejadian kemarin (Selasa- 26-05-2020)  jam 2 siang. Bukan pengunjung tapi ibu-ibu yang dagang. Mereka minta dibuka total dan memaksa seperti itu,” ujar Muslih saat dihubungi, Rabu (27/5/2020).

Petugas pun tak bisa memenuhi permintaan emak-emak itu. Mereka lantas membuka portal sendiri. Petugas yang berjaga hanya diam karena tak mau terjadi keributan.

“Sebenarnya kalau wisatawan lokal masih boleh. Kecuali yang dari Bandung atau Cianjur dibalik-balikan. Petugas selektif tak menerima pengunjung dari luar,” katanya.

Emak-emak itu mengeluh jika penghasilannya dengan tahun lalu sangat jauh berbeda. Ditambah, suami mereka yang berprofesi sebagai nelayan tak bisa melaut karena gelombang tinggi.

“Protes saja karena omzetnya menurun drastis. Setelah diberi penjelasan sama petugas, mereka mengerti. Malah disorakin sama ibu-ibu yang lain,” ucapnya.

Sebelumnya, diberikan sekelompok emak-emak di Pantai Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut membuka portal akses jalan yang diblokir oleh petugas. Mereka kesal karena kawasan pantai menjadi sepi.

Aksi emak-emak itu terekam dalam sebuah video dan beredar melalui aplikasi whatsapp. Dalam video berdurasi 12 detik itu, emak-emak nekat menggeser water barrier yang dijadikan alat blokir jalan.

Puluhan emak-emak itu lantas memperbolehkan kendaraan pick up yang mengangkut penumpang untuk masuk ke kawasan pantai. Setelah portal dibuka, mereka melambaikan tangan meminta mobil untuk masuk.  (*)

Reporter : FW

Editor      : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here