Dekati Hari Raya Idul Fitri 2020, Harga Gula dan Daging Sapi di Garut Melonjak

Garutexpress.id – Harga gula dan daging sapi mengalami kenaikan jelang hari raya idul fitri tahun 2020. Harga gula pasir di pasaran saat ini mencapai Rp18 ribu dan harga daging sapi Rp120 ribu.

Kabid Perdagangan Disperindag Garut, Erwin Rianto Nugraha, mengatakan, harga gula pasir terus naik menjelang hari raya idul fitri. Saat ini di pasaran harganya tembus Rp18 ribu per kilogram.

“Sekarang harganya mencapai Rp18 ribu padahal normalnya Rp12 ribu,” kata Erwin, Jumat (15/5/2020).

Sementara itu, kata dia, harga daging sapi pun ikut-ikjtan melonjak. Harganya sekarang sudah mencapai Rp120 ribu.

“Kenaikam harga daging sapi tidak terlalu signifikan. Tapi tentunya cukup memberatkan saat kondisi ekonomi sepertu sekarang,” ungkapnya.

Erwin melanjutkan, untuk komoditas daging ayam, harganya kini sudah mulai stabil di harga Rp30 ribu. Padahal beberapa hari yang lalau harganya sdmpat anjlok hingga Rp20 ribu.

Untuk mengantisipasi kenaikan komoditas lainnya, Erwin mengaku akan melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Siang ini Pemprob Jabar mau rapat virtual soal harga gula dan komoditas yang mengalami kenaikan. Kita akan bahas sejumlah antisipasi,” ucapnya.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan melakukan pemantauan berbagai komoditas harga di pasaran. Setiap minggu, para UPT pasar diminta untuk melaporkan perkembangan harga komoditas.

“Sekarang seminggu dua kali, sejak adanya wabah Covid-19 kami minta UPT lapor soal harga,” kata dia. (*)

Reporter: Anggana Wisesa
Editor: Citra Kharisma


Berita Lainnya :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here