Bupati Garut Janjikan Bantuan Rp 50 Juta Untuk Taman Satwa Cikembulan

garutexpress.id- Gegara pandemi virus corona (COVID-19) dikabarkan sudah hampir dua bulan ini, Taman Satwa Cikembulan di kawasn Kecamatan Kadungora tak beroperasi.

Akibat tak beroperasi, otomatis pengelola tak berpenghasilan, dan sejumlah hewan piaraan dikhawatirkan tak terawat. Untuk membantu pengelola Taman Satwa Cikembulan, bantuan sebesar Rp 50 juta akan disalurkan Pemkab Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, berjanji akan membantu pengelola Taman Satwa Cikembulan. Apalagi selama ini, Cikembulan sudah jadi ikon wisata dan membantu pendapatan bagi Garut.

“Cikembulan itu pembayar pajak terbaik lima kali berturut-turut. Jadi kami akan bantu,” ujar Rudy, Sabtu (9/5/2020).

Bantuan sebesar Rp 50 juta akan diberikan dalam bentuk pakan. Seperti sayur, buah, dan ayam. Pakan tersebut akan dibeli dari para petani dan peternak lokal.

“Daripada sayuran sekarang mubazir kebuang, akan kami beli. Seperti wortel, mentimun dan lain-lain. Kami juga lagi pikirkan untuk beli ayam sebagai pakan harimaunya. Sekarang kan lagi murah harganya,” katanya.

Manajer Operasional Taman Satwa Cikembulan, Rudy Arifin menyambut baik bantuan yang akan diberikan Pemkab Garut. Bantuan yang diberikan memang lebih baik dalam bentuk pakan ketimbang uang tunai.

“Jika benar, berarti pemerintah peduli sama satwa. Saya sudah ceritakan kondisi di sini ke pak Camat. Terus diminta berkirim surat juga. Alhamdulillah kalau mau dibantu,” ujarnya.

Selain Pemkab Garut, beberapa komunitas di Garut juga sudah menghubungi untuk memberi bantuan. Selain itu, sejumlah kebun binatang juga akan membantu bagi pakan satwa.

“Sampai sekarang, bantuan belum ada karena mereka tahu sampai Juni kami masih sanggup,” ucapnya. (*)

Reporter  :  FS

Editor      :   ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here