Berburu Berkah, P3S Desa Sukalilah Kembali Siapkan Santunan untuk Anak Yatim

garutexpress.id- Pemerintah Desa Sukalillah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut melalui Pemuda Pemudi Peduli Sosial (P3S), kembali menyiapkan program santunan sosial kepada puluhan anak yatim-piatu.

Tahun ini dari data yang berhasil dihimpun P3S, ada sebanyak  68 orang calon penerima santunan. Mereka seluruhnya merupakan anak yatim-piatu warga Desa Sukalillah.

Aksi  gerakan peduli sosial ini menurut ketua P3S Desa Sukalillah, Gilang Ramadan Aryanto,  adalah agenda tahunan yang biasa digalang setiap bulan Ramadhan.

Dokumentasi kegiatan serupa yang diinisiasi Pemuda Pemudi Peduli Sosial (P3S), tahun 2019 lalu. ***

“Gerakan ini kita beri tema bernada ajakan ‘Mari bersedekah menuju keberkahan !’ Khusus setiap hari Jumat, pengurus P3S di setiap lingkungan turun melakukan galang donasi,” ungkap Gilang melalui pesan selulernya, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya, para donatur adalah warga Desa Sukalillah dan dermawan lainya yang terbiasa bergotong-royong menginfakan sebagian rejeki yang dimilikinya. Dari hasil donasi selama sepekan ini baru terhimpun dana sebesar Rp 3.000.000.

Pada tahun lalu, gerakan peduli sosial ini berhasil menghimpun dana sebesar Rp 43 juta. Uang sebesar itu tuntas disalurkan kepada sejumlah yatim, jompo dan dhuafa lainya di wilayah tersebut.

“Ini giat mengulang keberhasilan tahun kemarin. Target capaianya minimal menyamai raihan tahun kemarin. Semoga semua dilimpahi kemudahan agar kaum yatim yang juga sebagai korban pandemi, bisa kita cukupi kebutuhanya,” ujar Kepala Desa Sukalillah, Asep Haris, S.Pd.I.

Penerima uluran pada program rutin tahun ini, lanjut kades, diprioritaskan bagi mereka kalangan yatim dan piatu. Namun demikian, katanya, itu bisa kondisional akan dilihat dari kemampuan finansial yang berhasil dihimpun.

Disyukurinya beberapa pihak sudah mulai menyatakan kesediaanya turut menopang kegiatan yang diinisiasi P3S ini, termasuk Baznas Kabupaten Garut.

Sama seperti tahun lalu, rencananya hasil sedekah yang terhimpun akan disalurkan pada hari ke 25 bulan Ramadhan. Setiap anak yatim dan piatu akan diberi santunan berupa bantuan pangan atau uang tunai dengan besaran yang disesuaikan.

“Intinya mari bersedekah menuju keberkahan, baik dalam keadaan lapang maupun sulit. Bertakwa dengan berbuat baik dan mencari ampunan semoga membuka jalan warga Desa Sukalillah menuju surganya Alloh SWT,” pungkas kades seraya mengutip QS Ali Imron 133-134. (*)

Reporter  :   Doni Melody

Editor      :  ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here