Bahaya! Jangan Utak Atik Perangkat PLN di Rumah, Kalau Ada Masalah Kontak 123

Garutexpress.id – Tingkat kesadaran masyarakat di Garut dinilai masih rendah terhadap keselamatan ketenagalistrikan. Oleh sebab itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Garut, gencar melakukan sosialisasi.

Asman Jaringan PLN UP3 Garut, Dhanny Efendi, mengakui kesadaran ketenagalistrikan warga Garut masih rendah. Maka, PLN UP3 Garut melalui Unit Layanan Pelanggan (ULP) langsung melakukan sosialisasi di tiap-tiap unit kerjanya.

Asman Jaringan PLN UP3 Garut, Dani

“Sosialisasi harus terus digencarkan agar masyarakat semakin melek terhadap ketenagalistrikan,” kata Dhany, kepada garutexpress.id, Kamis (21/5/2020).

Menurut Dhany, saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan bahaya sengatan listrik. Oleh sebab itu, peristiwa atau kecelakaan akibat sengatan listrik masih tinggi.

“Oleh sebab itu jangan sekali-kali mengutak atik alat pemutus/pembatas MCB dan Kwh meter di rumah atau bangunan pelanggan. Sebab akibatnya berbahaya,” kata Dihny.

Selain itu, kata Dhany, hindari pemasangan steker pada stop kontak bertumpuk. Jangan membakar sampah di bawah kabel jaringan listrik karena hawa panas berpotensi menimbulkan lecet pada kabel.

Dhany melanjutkan, berhati-hatilah dalam menggali tanah di sekitar jaringan listrik dan lainnya. Pasalnya bisa membahayakan keselamatan karena aliran tegangannya.

“Ia berharap semua warga bisa lebih hati-hati dalam melakukan instalasi kelistrikan. Mudah-mudahan pelanggan menjadi lebih paham terkait hal tersebut,” ungkapnya.

Dhany pun mengharapkan kerjasama pelanggan untuk menginformasikan apabila menemui pohon atau benda apapun yang bersentuhan atau rawan bersentuhan dengan kawat atau kabel listrik. Demi menghindari hal yang tidak diinginkan, pelanggan dapat langsung menghubungi contact center 123 atau aplikasi PLN Mobile untuk melakukan pengaduan atau informasi seputar kelistrikan.

“Jadi jangan mengambil tindakan sendiri. Lebih baik hubungi 123 atau gunakan aplikasi PLN mobile jika ada keluhan atau aduan terkait kelistrikan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Farhan SN
Editor: Citra Kharism


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here