Video Warga Pingsan di Bundaran STM Garut Diduga Corona, Ternyata ini Kejadiannya

Garutexpress.id – Video berdurasi dua menit limapuluh tiga detik beredar luas di kalangan masyarakat melalui pesan whats up. Video itu dikaitkan dengan penyebaran Covid-19 atau Virus Corona di Kabupaten Garut.

Namun setelah dikonfirmasi ke tim penanganan Covid-19 Kabupaten Garut peristiwa itu merupakan warga yang pingsan biasa. Korban yang dibopong petugas kesehatan dengan alat pelindung diri (APD) lengkap merupakan gadis yang pingsan usai diputuskan pacarnya.

Juru bicara penanganan Covid-19 Garut, Riky Rizki Darajat, membenarkan peristiwa dalam video tersebut. Namun menurutnya yang bersangkutan bukan korban terpapar Covid-19 atau virus corona. Menurutnya, warga yang pingsan itu merupakan seorang gadis yang pingsan karena diputuskan pacarnya.

“Ia memang ada kejadian itu di Bundaran STM. Tapi bukan karena corona, itu gadis yang diputuskan pacarnya, ” kata Riky, saat dikonfirmasi, Minggu (26/4/2020).

Riki melanjutkan, peristiwa itu terjadi pada hari Sabtu malam sekira pukul 18.30 WIB.

Saat tim menerima laporan, petugas yang datang menggunakan APD lengkap sesuai prosedur penanganan Covid-19.

“Kalau pakai APD lengkap kan itu sudah jadi prosedur. Jadi setiap ada laporan terkait Covid-19 pasti petugas yang diturunkan menggunakan APD lengkap, ” akunya.

Gadis yang pingsan, kata Riky, lantas dibawa ke Puskesmas Tarogong. Setelah siuman, lalu dibawa pulang oleh pihak keluarga.

Riky mengimbau, agar warga tak mudah terpropokasi oleh video yang belum terkonfirmasi kebenarannya. Ia berharap jangan mudah menyebarkan informasi sebelum terkonfirmasi.

“Alangkah baiknya, saring informasi sebelum sharing, ” kata Riky.

Ia mengimbau, agar warga tetap waspada akan penyebaran Covid-19 di Garut. Riky menyarankan agar warga taati anjuran pemerintah selama pandemi berlangsung. (*)

Penulis: Mahesa Hastama Ibrahim
Editor: Farhan SN


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here