Usai Jalani Rapid Test, 4 ODP dari 4 Kecamatan di Garut Positif COVID-19

Ricky Rizky Darajat-Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Garut.***

garutexpress.id- Usai menjalani Rapid Test 4 warga berstatus orang dalam pengawasan (ODP) dinyatakan positif COVID-19. Menurut Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat, meskipun hasilnya positif, namun akurasi Rapid Test tidak 100 persen, akurasinya sekira 70 sampai 80 persen.

“Hasil rapid test terhadap 670 ODP (dari 1240 ODP, red) hasilnya ada 4 positif. Tapi Rapid Test akurasinya berlum 100, baru 70 atau 80 persen,” ungkap Ricky, kepada sejumlah awak media di Command Center Garut, Kamis (9/4/2020).

Ditegaskannya, dalam waktu dekat ini akan dilakukan swab tes, untuk 4 ODP ini benar-benar terkonfirmasi atau bagaimana.

“Saat ini mereka (4 ODP) diisolasi mandiri dan dipantau ketat,” tandasnya.

Menurutnya, temuan 4 ODP dengan hasil Positif di antaranya 1 orang Laki-laki di Kecamatan Selaawi), 1 Perempuan (Kecamatan Tarogong Kaler), 1 orang Perempuan (Kecamatan Cibalong) dan 1 orang laki-laki di Kecamatan Cikajang.

“Mereka diduga terpapar (COVID-19) setelah melakukan perjalanan dari zona merah, bukan dari orang tanpa gejala (OTG) yang kontak langsung dengan orang yang sudah konfirm, karena di antara mereka ada yang mudik,” ungkapnya.

Ditegaskannya, untuk mengantisipasi segala kemungkinan pada pasien positif berdasarkan hasil Rapid Test, pihaknya sudah memetakan ODP yang sudah melakukan kontak dengan empat orang tersebut.

“Hari ini sudah menerima Rapid Tes 1000 buah yang dibeli dari APBD. Kita akan prioritaskan bagi mereka yang berstatus ODP. Kita juga berharap dengan masyarakat melakukan social dan physical distancing jumlah ODP tidak bertambah lagi,” ujarnya.

Berdasarkan data pusat Informasi dan Koordinasi Penanggulangan Covid-19 Pukul 19.00 WIB, total kasus OTG, ODP, PDP dan Konfirmasi positif tercatat sebanyak 2.023 kasus. Jumlah itu terdiri dari OTG 177 orang (26 Kasus OTG Baru), ODP 1.815 kasus (933 kasus masih pemantauan, 17 dalam perawatan, dan 865 selesai pemantauan), PDP 29 kasus (14 kasus sedang dalam perawatan dan 15 kasus selesai pengawasan dan dipulangkan dari RSUD dr Slamet Garut.

Untuk konfirmasi positif masih terdata 2 kasus yang terdiri 1 (KC-1) dalam perawatan di RSUD dr Slamet, 1 kasus (KC-2 Isolasi mandiri di rumah menunggu hasil laboratorium untuk cek ulang pada hari ke-17 dan 18. (*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here