Terkait Moral Anggota Dewan Berinisial E, BK DPRD Garut Panggil Diki dan Kuasa Hukumnya

garutexpress.id- Terkait soal moral salah satu anggota DPRD Garut berinisial E, Badan Kehormatan (BK) DPRD Garut akhirnya memanggil Diki Herdiansyah dan kuasa hukumnya, Sam Yosef.

Seperti diketahui pada pertengahan April lalu, Sam Yosef melakukan pelaporan ke BK. Yakni terkait masalah etik dan moral anggota dewan berinisial E. Anggota dewan itu diduga mempunyai hubungan gelap dan mengajak kekasihnya mengonsumsi narkotika.

Ketua BK DPRD Garut, Dadang Sudrajat, menyesalkan pihak pengadu yakni Diki Herdiansyah tak bisa hadir saat dipanggil. Hanya kuasa hukumnya, Sam Yosef, yang datang memenuhi panggilan BK.

“Dari jam 09.00 sampai 13.00, kami tunggu kehadiran saudara Diki. Tapi dia tidak datang. Saat ditanya oleh kuasa hukumnya, dia (Diki) tidak memberi alasan,” ujar Dadang, Selasa (28/4/2020).

Meski tak hadir, BK tetap melakukan pemeriksaan kepada pengacara Diki. Apalagi Diki sudah menguasakan persoalan tersebut kepada Sam Yosef.

“Pengacaranya saat laporan awal juga sudah membawa barang bukti. Jadi pemeriksaan hari ini untuk menjelaskan kronologis dan memberikan barang bukti,” katanya.

BK akan meminta keterangan pihak lain untuk mengetahui terkait pelanggaran etik anggota dewan tersebut. Salah satunya dari pihak akademisi yang akan menjelaskan dugaan pelanggaran yang dilakukan.

“Keterangan dari pengacara juga sudah cukup. Tapi nanti kami bicarakan lagi, apakah perlu pengadu dipanggil atau tidak,” tukasnya.

Terkait adanya informasi jika pengadu akan mencabut aduan, Dadang mempersilakannya. Namun ia meminta pihak pengadu menunjukkan pasal mana di tata tertib BK terkain pencabutan aduan.

“Mau dicabut atau tidak, kami tetap menjalankan proses pemeriksaan. Nanti hasilnya akan dilaporkan ke pimpinan dan diparipurnakan,” tandasnya. (*)

Penulis : FW

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here