Seorang Warga Dinyatakan Positif COVID-19, 72 Orang di Selaawi Jalani Rapid Test

garutexpress.id- Setelah seorang warga di kawasan Keacmatan Selaawi dinyatakan positif COVID-19, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan kabupaten Garut melakukan langkah-langkah pencegahan.

Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan Pemkab Garut dengan melakukan rapid test. Sejumlah warga yang teridentifikasi pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19 diharuskan melakukan rapid test.

Sedikitnya ada 72 orang warga setempat yang melakukan rapid test. Poroses rapid test tersebut digelar di GOR salah satu Desa di Kecamatan Selaawi. Selain dari Dinas Kesehatan Garut, hadir pula jajaran Polsek Limbangan, Camat Selaawi, tim medis puskesmas Selaawi dan kepala Desa bersangkutan. Jum’at (17/04/2020).

Menurut Camat Selaawi Ridwan Effendi, Rapid test ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi seluruh warganya dari wabah COVID-19.

“Ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi warganya dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, setelah dinyatakan ada salah seorang warga yang positif. Selain dilakukan penyemprotan disinfektan beberapa hari yang lalu, maka dilakukan tracking oleh pihak terkait untuk mengetahui jumlah orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif tersebut,” papar Ridwan.

Menurut Ridwan, semua orang yang terdaftar pernah ada kontak erat dengan pasien positif di-rapid test. Alhamdulilah semua hasilnya negatif. Maka saya dan seluruh warga sangat bersyukur, semoga saja memang tidak pernah ada lagi yang positif,” katanya.

Meskipun hasil rapid test negatif, semua orang tersebut harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. (*)

Penulis : Tim GE
Editor : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here