Satgas Relawan COVID-19 Desa Binakarya Siaga Lindungi Keselamatan Warga

garutexpress.id- Hingga hari ini,  Kamis (1/4/2020), langkah pencegahan bahaya Corona Virus Disease (COVID – 19) terus dilakukan satgas relawan COVID-19 Desa Binakarya , Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut.

Terpantau di lapangan, sejumlah relawan dibantu petugas daru Dinkes dan TNI – Polri terus melakukan upaya pencegahan melalui penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu tubuh dan pendataan kepada sejumlah warga yang baru datang dari luar kota.

Kepala Desa Binakarya, Asep Zaenal Aripin, mengatakan, sterilisasi beberapa tempat strategis melalui penyemprotan disinpektan dilakukan setiap pekan nya secara bertahap.

“Ada beberapa tempat atau fasilitas umum di tiap RW, kita prioritaskan untuk disemprot disinfektan, seperti masjid, madrasah, gedung posyandu dan lainya. Rencanaya akan kita laksanakan rutin setiap hari Jum’at,” ujar Asep.

Kendati bertahap, kepala desa menegaskan setiap fasilitas umum hingga rumah tinggal penduduk akan mendapat layanan penyemprotan. Disamping itu, langkah antisipasi lainya dilaksanakan gabungan tim relawan COVID-9  dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh warga.

Dikatakannya, pemeriksaan suhu tubuh ini dilakukan relawan COVID-19 gabungan di setiap akses pintu masuk wilayah Desa Binakarya. Upaya ini merupakan langkah preventif yang dilakukan relawan guna mendeteksi lebih awal gejala COVID-19.

Related Post

“Ini demi keselamatan semua, mereka yang masuk wilayah Desa Binakarya kita cek suhu tubuhnya. Nanti jika kedapatan ada warga dengan suhu tubuh diatas normal kita langsung koordinasikan dengan unit layanan kesehatan,” ungkapnya.

Menurut Asep, hingga saat ini, buah dari pemanfaatan komunikasi berbasis online dengan pengurus wilayah tingkat RW, pihaknya sudah menampung sejumlah laporan, terutama data sejumlah warga yang baru tiba dari luar kota.

“Data yang dihimpun berdasar laporan pengurus lingkungan itu telah diteruskan kepada pihak terkait agar mendapat pasilitas layanan sesuai protap. Bersabar untuk beberapa waktu dan patuh terhadap anjuran pemerintah. Ini yang kita sosialisasikan kepada warga melalui berbagai cara. Ini semata demi menjaga keselamatan seluruh warga desa,” katanya.

Kades Binakarya menegaskan, peningkatan pencegahan oleh relawan COVID-19  Desa Binakarya ini menindaklanjuti arahan Pemerintah Kabupaten Garut pasca ditetapkanya dua pasien positif corona asal. (*)

Reporter : Doni Melody

Editor      : ER


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.