Saluran Irigasi Ambrol, Petani di Malangbong Terancam Gagal Panen

garutexpress.id- Saluran Irigasi yang mengairi pesawahan dan perkebunan petani di kawasan Desa Sekarwangi, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut ambrol. Sebelumnya, guyuran hujan membuat air di saluran irigasi tersebut meluap dari Sungai Cideres.

Demikian dilaporkan oleh Babinkantibmas Desa Sekarwangi, Bripka Yoga , Sabtu, (18/04/ 2020).

“Dampak hujan deras beberapa waktu lalu yang mengairi pesawahan dan perkebunan petani desa sekarwangi terputus (jebol),” ungkapnya.

Saat ini warga setempat bergantian membenahi area saluran irigasi itu agar bisa kembali normal. Warga bergotong royong memperbaiki saluran irigasi utuk mengantisipasi hal lebih buruk lagi.

Terkait jebolnya saluran saluran irigasi tersebut, warga menilai respon Kepala Desa Sekarwagi, Popon Hasanah cukup baik, cepat tanggap terhadap nasib warganya.

“Bu Kades cukup baik responnya, dan  Pak Yoga (Bhabinkamtibmas) juga cekatan dan gesit ia selalu berada ditengah tengah masarakat, cepat tanggap dan sangat pedli pada desa binaannya,” katanya.

Sementara itu, Ika, salah seorang warga lainnya menyebutkan , bila saluran irigasi tidak segera dibenahi dikhawatirkan akan mnyebabkan areal pesawahan kekeringan dan bisa jadi gagal panen.

“Bila tidak segera dibenahi tanggul irigasi itu, areal sawah petani akan kekeringan dan bisa menyebabkan gagal panen, ” ujarnya.

Kepala Desa Sekarwangi, Popon Hasanah menjelaskan, pihaknya melakukan tindakan cepat tanggap untuk mengantisipasi bencana longsor dengan jebolnya saluran irigasi tersebut.

“Warga secara bergiliran dan bergantian  memperbaiki tanggul yang jebol, serta melakukan pembenahan akibat longsor dan rusaknya saluran irigasi. Kami memberlakukan pembatasan  sesuai perkembangan saat ini, ditengah wabah COVID-19,” katanya.

Dikatakannya, apabila saluran irigasi tidak segera dibenahi kemungkinkan akan menyebabkan petani gagal panen karena sawah mereka kekeringan. Selama ini areal puluhan hektare sawah dan perkebunan mengandalkan saluran irigasi tersebut. (*)

Reporter   : TAF Senopati

Editor       : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here