Salat Jumat di Mesjid Agung Garut Ditiadakan, Dianjurkan Salat Duhur di Rumah

Garutexpress.id – Penerapan aturan social distancing di Kabupaten Garut secara bertahap di lakukan. Kali ini, ibadah salat jumat ditiadakan di Masjid Agung Garut.

Dalam pengungumuman yang di pasang di gerbang Masjid Agung, bertuliskan “Sementara hari ini, Sholat dzuhur di rumah masing-masing,”.

Sejumlah jamaah yang sudah mulai berdatangan sejak pukul 10.30 WIB berbalik arah. Mereka mengaku tidak mengetahui ada penutupan Masjid Agung Garut dan tidak bisa melaksanakan salat jumat di sana.

“Saya benar tidak tau ada penutupan masjid untuk salat jumat. Saya mau cari masjid lain saja,” kata salah seorang jamaah Masjid Agung Garut, Rizal (42), jumat (10/4/2020).

Tapi, kata dia kalau di Masjid lain dilakukan hal serupa maka ia akan mengikuti anjuran DKM Masjid untuk melalsanakan salat duhur di rumah saja.

“Jangan terlalu lama penutupan ini dilakukan. Kalau bisa minggu depan sudah bisa salat jumat lagi di sini,” harapnya.

Jamaah lainnya, mengaku kaget saat ada pengumuman salat jumat di Masjid Agung Garut ditiadakan. Tapi ia memahami akan urgensinya menjaga jarak saat pandemi virus corona mewabah.

“Di Garut kan sekarang sudah mulai bermunculan yang positif corona. Jadi sudah sewajarnya berhati-hati,” kata Heri (24).

Heri mengaku akan mengikuti anjuran pemerintah dan DKM dan melakukan salat duhur di rumah.

Penutupan Masjid Agung Garut untuk pelaksanaan ibadah salat jumat baru kali ini dilakukan. Pasalnya, sejak Pemkab Garut mengumumkan pelaksanaan social distancing atau menjaga jarak baru kali ini salat jumat ditiadakan.

Berdasarkan pantauan “GE” social distancing di Garut sudah tiga minggu dilaksanakan. Minggu pertama salat jumat di Masjid Agung Garut masih dilakukan seperti biasa.

Minggu ke dua, salat jumat masih dilaksanakan tapi dengan barisan yang berjarak satu meter dari satu jamaah ke jamaah lainnya. Minggu ke tiga, salat jumat di Masjid Agung Garut sudah ditiadakan. (*)

Penulis: Mahesa Ibrahim
Editor: Farhan SN


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here