Peduli Warga Terdampak COVID-19, Polres-Kodim 0611 Garut Bagikan Nasi Dus

garutexpress.id- Aksi kepedulian terhadap masyarakat terdampak pandemi COVID-19 terus dilakukan jajaran Muspida di Garut. Bekerja sama dengan Kodim 0611, Polres Garut melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian nasi dus kepada masyarakat.

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah melalui Kasubag Humas, Ipda Muslih Hidayat, menyebutkan kegiatan baksos berupa pembagian nasi dus kepada warga dilakukan selama beberapa hari di sejumlah titik keramain di Garut. Hal ini sebagai salah satu bentuk kepedulian pihak Polres dan Kodim 0611 Garut terhadap masyarakat yang terdampak pandemo Covid-19.

“Pembagian nasi dus ini dilaksanakan sejak Kamis (17/4/2020) kemarin dan akan terus berlangsung sampai waktu yang tidak ditentukan. Pembagian dilaksanakan di beberapa titik keramaian,” ujar Muslih di sela kegiatan pembagian nasi dus di kawasan Jalan Sudirman, Jumat (17/4/2020).

Dikatakannya, dalam sehari, rata-rata nasi yang dibagikan mencapai 1.500 dus. Pembgaian dilakukan kepada warga serta pengendara yang melintas di kawasan tersebut. Selain Kapolres, tambahnya, pembagian nasi dus juga dilakukan oleh jajaran PJU Polres Garut, anggota TNI, serta sejumlah mitra kerja Polres Garut.

Muslih menuturkan, selain pembagian nasi dus, kegiatan lain yang telah dan sedang dilaksanakan Polres Garut bersama Kodim 0611 Garut dalam upaya penanganan dampak Covid-19 yakni dengan mendirikan dapur umum. Dapur umum ini berlokasi di kawsan jalan Sudirman, Kelurahan Suci Kaler, Kecamatan Karangpawitan.

“Dapur umum didirikan sejak Kamis kemarin dengan tujuan untuk membantu penyediaan makanan gratis untuk warga. Rencananya, dapur umum ini akan terus beroperasi termasuk selama bulan Ramadhan guna menyiapkan makanan untuk buka puasa dan sahur warga yang membutuhkan,” katanya.

Namun untuk saat ini tutur Muslih, dengan beberapa pertimbangan, dapur umum belum bisa dipergunakan untuk memasak tapi baru dipergunakan untuk tempat pembagian nasi dus. Ke depanya, dapur umum ini akan dipergunakan untuk tempat memasak sekaligus tempat penyediaan makanan untuk warga.

Related Post

Muslih juga menjelaskan, selain kegiatan yang bersifat penanganan dampak Covid-19, Polres Garut juga melakukan kegiatan bakti sosial untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Kegiatan yang dilakukan di antaranya dengan membagikan masker kepada warga dan juga pengguna kendaraan.

“Untuk hari ini saja, ada 1.500 buah masker yang dibagi-bagikan kepada masyarakat umum dan juga pengguna kendaraan. Ini sebagai upaya kami dalam mencegah penyebaran Covid-19,” ucap Muslih.

Lebih jauh disampaikan Muslih, Kapolres juga terus mengimbau kepada warga untuk senantiasa mematuhi imbauan pemerintah dengan tetap berada di rumah dan tidak melakukan aktifitas di luar rumah ketika tidak ada urusan terlalu penting. Selain itu, warga juga diimbau  untuk tidak mengadakan aktifitas yang menimbulkan kerumunan massa, terapkan  sosial distancing, physical distancing dan wajib menggunakan masker ketika beraktifitas di luar rumah.

“Pak Kapolres juga meminta warga untuk jangan dulu mudik untuk mencegah penyebaran virus corona. Virus corona ini bisa kita lawan bersama dengan melakukan pencegahan dan memutuskan mata rantai penyebarannya di antaranya dengan menerapkan social distancing dan physical distancing serta penggunaan masker,” ungkapnya. (*)

Reporter   :  Tim GE

Editor        :  ER

 


Juragan Farhan:
Leave a Comment

This website uses cookies.