ODP Potensial Bertambah, Wabup Garut Minta Percepat Hasil Swab Test

garutexpress.id- Orang Dalam Pengawasan (ODP) berpotensi meningkat, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempercepat proses pemeriksaan labolatorium dengan sampel swab.

Menurut Helmi, makin lambat hasil uji lab tersebut, maka potensi Orang Dalam Pemantauan (ODP) pun bisa semakin banyak.

“Saya meminta gubernur memperhatikan agar hasil swab test itu bisa 3 sampai 4 hari, agar kita bisa cepat lakukan antisipasi. Makin lambat kita tahu hasil pemeriksaan, makin banyak ODP,”  ujar Helmi usai memeriksa kesiapan isolasi satu kampung di Desa Cigedug Kecamatan Cigedug, Rabu (22/04/2020).

Helmi mencontohkan dari kasus konfirmasi positif COVID-19 yang ada di Kecamatan Cigedug. Pihaknya telah mengirimkan sampel swab sejak tanggal 1 April 2020, namun baru dapat laporan hasil swab test tanggal 20 April 2020, setelah pasien yang bersangkutan meninggal dunia pada tanggal 1 April 2020.

Akibatnya, kata Helmi, dari kasus konfirmasi positif COVID-19 di Cigedug, saat ini satu kampung terpaksa diisolasi karena sangat banyak orang yang melakukan kontak erat dengan pasien tersebut . Dan 3 kecamatan di sekitarnya pun diberlakukan social distancing dan phsycal distancing secara ketat.

“Memang saya dapat penjelasan, yang minta swab test itu dari Jawa Barat numpuk, ngantri. Antrian ini yang menyebabkan hasilnya lama,” jelas Helmi.

Camat Cigedug, Mia Herlina mengakui, lambatnya hasil test terhadap satu orang warga Kecamatan Cigedug yang baru diketahui hasilnya setelah meninggal dunia. Memang sempat membuat warga resah dan protes. Namun, pihaknya telah memberikan penjelasan kepada masyarakat hingga akhirnya mereka mau melakukan isolasi di kampungnya.

“Iya memang sempat ada yang protes seperti menganggap sebagai kesengajaan, tapi kita sudah berikan penjelasan mereka mengerti dan sekarang pun mereka mau melakukan isolasi di kampungnya,” ungkapnya. (*)

Penulis : AMK

Editor   : ER


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here